Jumat, 13 Maret 2020

KITA ADALAH UMAT GEMBALAANNYA

KITA ADALAH UMAT GEMBALAANNYA

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Sabtu, 14/03/2020

Mazmur 95:7 (TB)  Sebab Dialah Allah kita, dan kitalah umat gembalaan-Nya dan kawanan domba tuntunan tangan-Nya. Pada hari ini, sekiranya kamu mendengar suara-Nya!

Psalms 95:7 (RWV)  For he is our God; and we are the people of his pasture, and the sheep of his hand. To day if ye will hear his voice,

Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. Mazmur 23 ini sering kita nyanyikan, menyanyikan sungguh alangkah baiknya Tuhan itu untuk memelihara dan melindungi kehidupan kita umat gembalaanNya. 
Kalau kita tuliskan kebaikan Tuhan, pasti buku setebal apapun tak akan muat untuk melukiskan kasih dan perbuatan tangan Tuhan. Sebagaimana digambarkan dalam  bahwa dunia ini tak cukup untuk memuat satu-persatu kebaikan Tuhan.
Yohanes 21:25 (TB)  Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu.

Pertanyaan dalam renungan ini adalah, jika Tuhan sangat bagi kepada umatNya bagaimana respon  umat gembalaan atas kebaikan Tuhan? Sejauh mana ketaatan(obidience) bersedia mengikuti suara Tuhan Yesus sebagai gembala yang baik? Apakah kita masih mendengarkan suara Tuhan Yesus yang lembut memanggil dan membimbing kita di jalan yang dikehendakiNya?

Renungan hari ini mengajak kita sebagai umat gembalaanNya dua hal ini mesti kita lakukan:

1. Bersedia dituntun oleh Tuhan. Tuhan itu adalah gembala yang menuntuk kita kepada rumput yang hijau dan ke air yang tenang. Jangan menyimpang dari jalan yang ditunjukkan, tetapi ikutilah tuntunan tanganNya

2. Dengar suaraNya, di dunia ini banyak suara, ajakan dan mungkin berbagai suara-suara sumbang. Itu semua ibarat 'noice' (suara bising) yang mengganggu pendengaran kita untuk mengikuti dan mendengar Tuhan Yesus. Sebagai domba yang baik, kita harus sedia mendengar dan melakukan suara Yesus Kristus dalam hidup kita. 

Yohanes 10:11, 14-16 (TB)  Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya;
Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku
sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku.
Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.

Sahabat yang baik hati! Mari berikan hidup kita dituntun oleh tangan Tuhan. Di dunia ini banyak hal yang menggoda dan mau menjatuhkan dalam perbuatan dosa. Kita harus mengenal dan mengikuti suara Tuhan Yesus. Dia mengajak kita untuk ke padang rumput yang hijau.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...