Sabtu, 21 Maret 2020

TUHAN MENYELAMATKAN

Kotbah Minggu 22 Mar 2020
Nas: Mazmur 69:30-37

>>Kotbah Minggu, Letare, 22 Maret 2020
Nas: Mazmur 69:30-37

TUHAN MENYELAMATKAN

Selamat Hari Minggu bagi kita semua! Sahabat yang baik hati, semua orang butuh perlindungan. Apalagi dalam situasi emergency, semua orang sangat membutuhkan kepastian bahwa dirinya aman dalam perlindungan Tuhan. 

Bagiamana orang percaya menghadapi situasi genting?
Mazmur 69 ini merupakan doa permohonan saat mengalami kesesakan.
Kesakan yang dialami oleh Daud disebutkan dalam:
- Ay -2: tenggelam dan air sudah sampai ke lehernya
- Ay -3: terperosok dalam gelombang badai
- Ay -4: kerongkongannya telah kering berseru-seru minta tolong dan air matanya kering sudah.

Dalam semua kesesakan yang dialaminya, Daud berkata:  Mazmur 69:13 (TB) Tetapi aku, aku berdoa kepada-Mu, ya TUHAN, pada waktu Engkau berkenan, ya Allah; demi kasih setia-Mu yang besar jawablah aku dengan pertolongan-Mu yang setia!

Dalam kesesakannya Daud tidak berputus asa, ada empat hal yang dapat kita ambil pengalaman rohani Daud:
1. Berdoa memohon kepada Tuhan, dia tidak.mengandalkan kekuatannya sendiri.
2. Badai kehidupan tak menghentikan Daud memuji, bersyukur dan memuliakan. 
3. Daud percaya Tuhan tidak akan meninggalkannya, tetapi akan segera menolong dan menyelamatkannya.
4. Daud percaya Tuhan akan memberkati orang-orang yang mencari Tuhan, memberkati anak-cucu orang yang mencari Tuhan mewarisi kehidupan yang kekal.

Vidio >>https://www.facebook.com/216559085082832/posts/3624976960907677/

Damai sejahtera Allah yang melampaui segala akal itulah yang memelihara hati dan pikiran saudara-saudara di dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus Amin.

 Selamat hari Minggu baginkita semua!  Firman Tuhan yang menjadi khotbah untuk minggu ini tertulis dalam Mazmur 69: 30-37

Saudara yang kekasih! Firman Tuhan hari ini meneguhkan kita menghadapi situasi saat ini yang menghadapi virus Corona. Kita semua takut mencekam dan tidak tahu berbuat apa.  Jika kita mengalami pergumulan seperti ini apa yang kita lakukan? Sebagai orang percaya berbeda dengan orang lain menghadapi beban kehidupan. Dalam firman Tuhan ini Daud telah mengalami pergumula: Kalau kita baca ayat 2, air telah sampai ke leherku, sebentar lagi tenggelam dan mati. Ayat 3 gelombang pasang dan ayat berikutnya kerongkongannya telah kering berseru-seru minta tolong.
Dia tidak akan selamat oleh dirinya sendiri tanpa Tuhan tidak akan selamat.

Di sinilah kelebihan orang percaya menghadapi kegelisahan dan  mengatasi kepanikan. Dari khotbah Minggu ini kita belajar beberapa hal:

1. Datanglah berdoa kepada Tuhan Dalam ayat ini dikatakan saya bacakan ayat 13 "Aku berdoa kepadamu ya Tuhan pada waktu aku berkenan ya Allah demi kasih setiamu yang benar jawablah aku dengan pertolonganMu yang setia."

Menghadapi pergumulan menghadapi kepanikan tidak dengan kekuatan sendiri, tidak dengan kelebihan diri sendiri tetapi dihadapi dengan doa. 

2. Badai dan beban tidak menghentikan pujian syukur kita kepada Tuhan

Dalam gelombang kehidupan ini, kita tidak boleh berhenti memuji dan memuliakan. Seperti Daud dalam firman ini dia katakan dalam ayat 31 "Aku akan memuji dan mengagungkan dia dengan nyanyian syukur."

Badai yang menimpa kita tidak akan menghentikan kita untuk bersyukur, memuji dan memuliakan Tuhan.

3. Ketiga bapak ibu dan saudara yang kekasih firman Tuhan tidak meninggalkan kita sendirian menghadapi pergumulan ini tetapi kalau ada angin kencang pelayaran kita Ingatlah Yesus berada bersama-sama dengan kita.

Masih ingat ketika murid-murid berlayar sekonyong-konyong mereka ingin berkata Apakah engkau tidak peduli kita binasa?  Tetapi Yesus bangkit dan menghentikan badai itu dan berkata: "diamlah tenanglah'. Ini adalah kegiatan yang mengagumkan bahwa dalam perjalanan kehidupan ini kita harus ingat bahwa Yesus itu berada bersama kita. Dia tidak pernah meninggalkan kita. Percayalah bahwa Yesus saat ini bersama-sama kita menghadapi korona. Yesus  bersama-sama dengan kita menghadapi pergumulan sulit ini. Yesus akan menyeberangkan kita dari situasi sulit ini.

4. Anak cucu pewaris Kerajaan Allah
Yang terakhir dari firman Tuhan ini saya bacakan ayat Mazmur 69:34-36 Biarlah langit dan bumi memuji-muji Dia, lautan dan segala yang bergerak di dalamnya. Sebab Allah akan menyelamatkan Sion dan membangun kota-kota Yehuda, supaya orang-orang diam di sana dan memilikinya; anak cucu hamba-hamba-Nya akan mewarisinya, dan orang-orang yang mencintai nama-Nya akan diam di situ.

Tuhan telah menyediakan keselamatan Yang kekal bagi orang-orang yang percaya dan yang memuliakan namanya dan bukan hanya kita tetapi dikatakan anak cucunya akan mewarisi Kerajaan Allah. Kita akan warisi kehidupan yang kekal yang telah dijamin oleh Yesus Kristus menjadi sumber keselamatan bagi kita.

Bapak Ibu saudara-saudara yang terkasih kiranya! Firman ini meneguhkan kita semua, menyapa kita semua sehingga apa yang kita khawatirkan selama menjalani kehidupan ini, percayalah Tuhan akan menolong. Banyak gereja yang tutup saat ini untuk melaksanakan ibadah minggu.  Ini adalah pergumulan berat sebagai hamba Tuhan.  Suatu keputusan yang sulit kita terima sebagai orang beriman,  sekalipun pun sulit demi menghindari penyakit ini tidak menular bagi banyak orang kita terima untuk berdoa dan beribadah bersama di rumah masing-masing. Supaya kita berdua dengan sungguh-sungguh memohon kepada Tuhan bukan hanya berdoa untuk meminta kepentingan kita,  bukan hanya berdoa meminta supaya anak kita berhasil, usaha kita sukses dan lain-lain.  Saat ini, kita berdoa untuk keselamatan umat manusia di dunia ini yang diancam oleh pandemi korona. Mari kita gunakan Minggu ini dan minggu minggu berikutnya untuk berdoa dan beribadah dirumah kita masing-masing, memohon kepada Tuhan keselamatan diri kita, keselamatan umat manusia di dunia ini supaya Tuhan menolong kita.

Anugerah dan sejahtera dari Tuhan kita Yesus Kristus, kasih setia Allah Bapa dan persekutuan Roh Kudus menyertai dan memberkati kita sekalian. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...