Kamis, 26 Maret 2020

MENURUTI PERINTAHNYA

MENURUTI PERINTAHNYA

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan inspirasi dan motivasi bagi kita. Jumat, 25/03/2020

1 Yohanes 2:3 (TB)  Dan inilah tandanya, bahwa kita mengenal Allah, yaitu jikalau kita menuruti perintah-perintah-Nya.

1 John 2:3 (RWV)  And by this we do know that we know him, if we keep his commandments.

Tak kenal maka tak sayang, setelah kenal maka sayang. Ungkapan ini menjelaskan arti pentingnya pengenalan. Pengenalan berarti tanda kedekatan, semakin dekat dengan seseorang semakin kenal pribadinya, semakin akrab dan intim, tahu apa yang dia sukai dan yang tidak dia sukai. Keakraban ini akan menimbulkan hati yang mengasihi antara satu dengan yang lain.

Rasul Yohanes menjelaskan dua kata yang sangat signifikan, yaitu pengenalan dan kasih. Siapakah Yesus yang kita kenal? Apakah kita telah mengenal Yesus Kristus dengan sungguh-sungguh secara pribadi?  Atau hanya sekedar kenal, kita mengenal Yesus hanya karena apa yang dijelaskan orang, atau apa yang dikatakan orang pada pada kita? Atau karena kita sudah menghafalkan rumusan doktrin tentang Yesus mengaku sudah mengenal Yesus Kristus secara pribadi? Sama sekali tidak, pengenalan Yesus bukan dipahami oleh akal namun harus dirasakan dalam pengalaman pribadi.

Rasul Yohanes mengajak kita untuk  mengenal Yesus secara pribadi berarti kita sungguh-sungguh merasakan kasihNya yang besar dalam hidup kita. Pengenalan Yesus dari pengalaman pribadi kita seperti Paulus mengatakan dalam Galatia 2:20 (TB)  namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.


Kata yang kedua adalah "kasih",  pengenalan Yesus yang sungguh-sungguh dibuktikan dengan kesediaan kita menuruti perintahNya. Sama seperti kita, kalau ada sahabat yang kita kasihi, tentulah sulit menolak permintaan yang dia sampaikan, semamounnkita berusaha melakukannya. Kasih dibuktikan dengan perbuatan. Demikianlah kita kalau mengaku mengasihi Tuhan Yesus maka kita bersedia melakukan perintahNya.Yohanes 13:34 (TB)  Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.

Sahabat yang baik hati! Sudah berapa lama kita mengenal Yesus? Mungkin ada yang mengatakan sejak kecil, itu bagus karena pengenalan Yesus harus bertumbuh. Pengalaman-pengalaman pribadi yang kita rasakan dalam hidup ini harus kita renungkan agar kita semakin  mengenal  Tuhan Yesus dan segala cinta kasihNya pada kita.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amen

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...