Minggu, 01 Maret 2020

OLEH KETURUNANMU SEMUA BANGSA MENDAPAT BERKAT

OLEH KETURUNANMU SEMUA BANGSA DAPAT BERKAT

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Senin, 02/03/2020

Kejadian 22:18 (TB)  Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku." 

Genesis 22:18 (RWV)  And in thy seed shall all the nations of the earth be blessed; because thou hast obeyed my voice.

Ada empat janji Tuhan kepada Abraham menurut Kejadian 12:1-4, yaitu: memberkati Abraham, nama yang mashyur, keturunan menjadi bangsa yang besar dan mewarisi tanah perjanjian.  Konsekwensinya, Abraham harus meninggalkan orangtuanya, kampung halamannya dan segala yang memikat hatinya dalam dunia lamanya menuju kepada satu tujuan menurut panggilan Allah. Keputusan Abraham adalah mengikuti panggilan Allah. Satu persatu janji Tuhan diterima oleh Abraham: berkat yang belimpah,  nama yang masyur, bersahabat dan disegani oleh raja Kota Salem. Terlebih sukacitanya semakin bertambah setelah kelahiran Ishak bagi Abraham.

Namun, Tuhan menguji Abraham dengan memerintahkan agar mempersembahkan Ishak kepada Allah di bukit pengorbanan Moria. Perintah ini adalah sangat berat bagi Abraham, karena anak yang lama ditunggu-tunggu harus diserahkan kepada Tuhan. Abraham lebih taat kepada Tuhan dari pada apa yang didapatkannya dari Tuhan. Maka Abraham pun menuruti perintah Allah dan mempersembahkan Ishak. Apa yang terjadi rupanya hal ini menguji iman Abraham. Abraham benar-benar tahan uji dan sungguh teruji. Kesediaan Abraham mempersembahkan Ishak sebagai bukti bahwa Abraham setia kepada Tuhan dari segala apa yang dimilikinya. Maka saat mau mengorbankan Ishak, Tuhan telah menyediakan kurban berupa anak domba sebagai ganti Ishak yang dipersembahkan bagi Allah.

Pada saat itulah Tuhan menyatakan rencana Tuhan atas keturunan Abraham. Tuhan bukan hanya hendak memberkati Abraham dengan banyak anak dan keturunan. Tetapi oleh keturunan Abraham Tuhan hendak memberkati bumi yang diciptakanNya. Ada banyak anak-anak Abraham namun dari Anak Perjanjian, yaitu Ishak, Tuhan akan memberkati semua bangsa di bumi ini. Narasi inilah yang diberitakan dalam Alkitab sejarah keselamatan dari pemanggilan Abraham, Ishak dan Yakub. Allah memakai keturunan Abraham menjadi berkat bagi dunia. Secara faktual, keturunan Yahudi telah mengubah peradaban dunia, melalui pengetahuan dan tehnologi banyak ditemukan oleh keturunan Yahudi.

Abraham adalah Bapa orang percaya, anak-anak Abraham bukan saja anak-anak genetik. Namun setiap orang percaya kepada Yesus Kristus secara iman kita juga adalah anak-anak Abraham. Maka prinsip hidup orang percaya juga harus ikut ambil bagian dalam panggilan ini diberkati untuk menjadi berkat bagi dunia.

Sahabat yang baik hati! Marilah menyadari panggilan ini. Harus kita pahami bahwa bukan hanya anak-anak Abraham secara genetik atau keturunan Yahudi yang dipanggil dan diberkati Tuhan menjadi berkat bagi dunia.  Tetapi kita semua orang percaya dipanggil dan diutus Tuhan Yesus untuk menjadi berkat bagi segala bangsa dan segala mahkluk.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...