Rabu, 18 Maret 2020

SEKALI UNTUK SELAMANYA

SEKALI UNTUK SELAMANYA

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi dalam hidup kita. Kamis, 19/03/2020

Ibrani 9:28 (TB)  demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia. 

Hebrews 9:28 (RWV)  So Christ was once offered to bear the sins of many; and to them that look for him he shall appear the second time without sin to salvation.

Kitab Ibrani hadir meyakinkan orang Yahudi untuk menerima Yesus sebagai Yuruselamat. Dialah yang ditentukan Allah menjadi korban keselamatan bagi umat manusia.

Menurut orang Yahudi bahwa setiap orang berdosa harus memberikan korban keselamatan dengan memberikan persembahan kurban bakaran. Imam membawa kurban tersebut dihadapan Tuhan sebagai korban penghapusan dosa. Dengan korban tersebut mereka percaya Tuhan akan memberikan pengampunan dan memperoleh pendamaian dan pengudusan. Dosa adalh Huta nyawa, karena itu harus diberi korban bakaran. Imamat 17:11 (TB)  Karena nyawa makhluk ada di dalam darahnya dan Aku telah memberikan darah itu kepadamu di atas mezbah untuk mengadakan pendamaian bagi nyawamu, karena darah mengadakan pendamaian dengan perantaraan nyawa.

Dari pandangan Yahudi ini, setiap kali orang berdosa, mereka harus memberikan korban persembahan dan pengampunan dosa yang dipimpin oleh imam.  Ibrani 5:1 (TB)  Sebab setiap imam besar, yang dipilih dari antara manusia, ditetapkan bagi manusia dalam hubungan mereka dengan Allah, supaya ia mempersembahkan persembahan dan korban karena dosa. Imam terus berulang-ulang masuk ke ruang Maha Kudus menerima penghapusan dosa umat.

Yesus melebihi imam besar, Dialah korban keselamatan yang ditentukan oleh Tuhan menjadi korban penghapusan dosa sekali untuk selamanya. Dia mati di kayu salib dan darahnya telah tertumpah sebagai korban keselamatan untuk menebus kita dari pelanggaran dan dosa. Ibrani 9:25 (TB)  Dan Ia bukan masuk untuk berulang-ulang mempersembahkan diri-Nya sendiri, sebagaimana Imam Besar setiap tahun masuk ke dalam tempat kudus dengan darah yang bukan darahnya sendiri.

Dengan pengorbanan Kristus di kayu manusia memperoleh pendamaian dan Tuhan berkenan atas manusia.
Ajaran ini menjelaskan bahwa pengampunan dosa tidak dapat dilakukan dengan perbuatan baik, atau kurban persembahan apapun itu. Penghapusan dosa adalah anugerah Tuhan bagi manusia dengan pemgorbanan Yesus Kristus sekali untuk selama-lamanya.
Mengapa Tuhan melakukan penebusan atas dosa-dosa kita? Jawabnya adalah karena kita ditentukan menjadi ahli waris kerajaanNya.

Sahabat yang baik hati! Kristus telah mati untuk kita, suatu pengorbanan yang luar biasa untuk menebus dosa dan pelanggaran kita. Marilah kita syukur keselamatan yang Tuhan beri dan menjadikan kita sebagai ahli waris dalam Kerajaan Sorga.  jangan sia-siakan keselamatan yang diberi.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin.

Mari berdoa syafaat agar Tuhan melihata dan melindungi dari Covid-19 ini

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...