Minggu, 15 Maret 2020

KELUARLAH DARI MESIR

KELUAR DARI MESIR

Selamat Pagi, sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. 16/03/2020

Keluaran 3:10 (TB)  Jadi sekarang, pergilah, Aku mengutus engkau kepada Firaun untuk membawa umat-Ku, orang Israel, keluar dari Mesir."

Exodus 3:10 (RWV)  Come now therefore, and I will send thee to Pharaoh, that thou mayest bring forth my people the children of Israel out of Egypt.

Musa tokoh besar bagi bangsa Israel. Dia dipakai Tuhan dengan unik; dididik di istana Firaun 40 tahun, di Padang Gurun bersama Yitro 40 tahun. Dua pengalaman berbeda ini rupanya dipersiapkan Tuhan bagi Musa untuk membebaskan bangsa Israel keluar dari perbudakan Mesir  menuju tanah Kanaan.

Jadi sekarang pergilah! Suatu perintah dari Tuhan, mengutus Musa untuk membawa Israel keluar dari perbudakan Mesir. Sebelum pergi, Tuhan telah memperkenalkan dirinya kepada Musa, karena Musa kuatir bangsa Israel akan akan menolak Musa. Keluaran 3:6-7 (TB)  Lagi Ia berfirman: "Akulah Allah ayahmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub." Lalu Musa menutupi mukanya, sebab ia takut memandang Allah.
Dan TUHAN berfirman: "Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan oleh pengerah-pengerah mereka, ya, Aku mengetahui penderitaan mereka."
Selain menyatakan diriNya kepada Musa. Tuhan meneguhkan Musa dengan tanda mujizat dan tongkatnya yang ajaib.

Keluar dari Mesir! Ada apa dengan Mesir dan mengapa harus keluar dari Mesir? Pertama Tuhan sangat membenci penindasan. Penindasan hanya melahirkan penderitaan umat manusia. Tuhan sendiri berinisiatip dan bertindak untuk membebaskan umatNya dari segala kesengsaraan. Tuhan tidak ingin bangsanya  menjadi budak orang asing.

Kedua,  Tuhan akan menjadikan Israel menjadi umat pilihan, yang diberkati dan menjadi berkat bagi dunia. Israel akan menjadi bangsa yang besar, bangsa yang merdeka dan berdaulat dan memiliki tanah seperti janji Tuhan kepada Abraham. Mereka akan mendiami tanah Kanaan, yang subur dan melimpah Susi dan madu.

Ketiga, Tuhan akan menghapuskan segala masa lalu bangsa Israel menuju masa depan yang baru.  Tuhan akan menjadikan bangsa yang takut akan Tuhan, taat dan kudus di hadapan Allah.

Sahabat yang baik hati! Akulah Allah Abraham, Ishak dan Yakub! Dengan nama itu, Musa dan bangsa Israel diingatkan akan janji Tuhan terhadap Abraham. Sekalipun mereka sudah 430 tahun tinggal di Mesir, Tuhan tidak lupa akan janjiNya.
Keluarlah dari Mesir, satu kalimat yang meneguhkan bahwa beranjaklah dari masa lalu yang kelam dan gelap kepada masa depan yang penuh pengharapan.

Mungkin ada diantara kita juga mengatakan, telah terlalu lama menderita, telah terlalu lama mengalami pergumulan ini dan sudah terus berdoa namun pertolongannya belum tiba. Renungan hari ini menegaskan.
Beranjaklah dari ikatan masa lalu yang mencekam dan menakutkan. Tuhan mendengar dan meneguhkan jeritan umatNya.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...