Kamis, 12 Maret 2020

IMAN SUMBER KEKUATAN BAGI ORANG PERCAYA

IMAN SUMBER KEKUATAN ORANG PERCAYA

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita semua. Jumat, 13/03/2020

Ibrani 11:11 (TB)  Karena iman ia juga dan Sara beroleh kekuatan untuk menurunkan anak cucu, walaupun usianya sudah lewat, karena ia menganggap Dia, yang memberikan janji itu setia.

Hebrews 11:11 (RWV)  Through faith also Sarah herself received strength to conceive seed, and was delivered of a child when she was past age, because she judged him faithful who had promised.

Iman adalah kekuatan orang percaya. Di dalam iman kita percaya tiada yang mustahil bagi Tuhan. Hal ini telah terbukti dengan banyak kisah di dalam Alkitab dan orang percaya dalam sepanjang sejarah hingga kini. Kita percaya bahwa tidak ada yang mustahil bagi Allah.

Lihatlah bagaimana Nuh membangun bahtera dan selamat dari air bah? Kisah Abraham yang keluar dari Mesir, Kisah Yusuf yang dibuang saudaranya menjadi pemimpin besar di Mesir. Musa dipakai Tuhan membebaskan bangsa Israel, pertarungan Daud melawan Goliat dan banyak kisah lainnya. Kisah Saulus penganiaya jemaat akhirnya bertobat dan mempersembahkan diri kepada Tuan. Hal inilah yang diulang oleh penulis kita Ibrani dalam Pasal 11:1-40 iman itu memungkin orang-orang percaya menjalani hidupnya. Apa yang tidak mungkin bagi manusia mungkinkan bagi Allah.

Kasus unik yang dialami oleh Sarah yang mandul melahirkan, Kisah Hanna ibu Samuel dan kisah Maria bunda Tuhan Yesus. Semuanya sesuatu yang tidak mungkin bagi alam pikiran manusia tetapi mungkin bagi Allah. Benar pengakuan Maria dalam Lukas 1:37 (TB)  Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil." 

Apa yang terjadi pada Sarah, dia sudah tua, sudah menopause menurut ukuran medis dan tak mungkin baginya melahirkan seorang anak bagi Abraham. Namun karena janji Tuhan semua itu mungkin. Saat Abraham berumur 100 tahun, Sarah melahirkan Ishak, anak perjanjian yang dinantikan oleh Abraham dan olehnya akan ada pewaris Abraham.  Peristiwa Sarah sumber kekuatan bagi orang percaya bahwa sekalipun alam berpikir kita menyatakan tak mungkin lagi trjadi namun oleh iman mungkin bagi Tuhan. Sarah yang mandul melahirkan anak yang bernama Ishak dan menjadi ahli waris bagi Abraham.

Sahabatku! Jika ada pergumulan, tetaplah berpengaharapan: segala sesuatu mungkin bagi Tuhan. Dalam menjalani semua itu harus ada tiga hal yaitu, pengharapan, kesabaran dan ketekunan dalam doa. Roma 12:12 (TB)  Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...