Senin, 22 April 2019

YESUS ADALAH KEBANGKITAN DAN HIDUP

YESUS ADALAH KEBANGKITAN DAN HIDUP

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah kita menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspiraai dan motivasi bagi kita. Selasa 23/04/2019

Yohanes 11:25 (TB)  Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati,

John 11:25 (RSV)  Jesus said to her, "I am the resurrection and the life; he who believes in me, though he die, yet shall he live,

Kristus telah bangkit, kubur telah kosong. Suatu bukti yang menguatkan untuk mempercayai kebangkitan Kristus. Kebangkitan Kristus adalah yangbsulung dari kebanglitan orang mati. Hal yang sama orang percaya akan bangkit setelah kematian. Kebangkitan Kristus membuktikan bahwa pada Yesus ada kehidupan, Kristsu telah menang atas maut. Kematian tidak lagi berkuasa atas maut, tetapi barang siapa yang percaya memperoleh hidup yang kekal.

Yesus adalah kebangkitan dan hidup sebebarnya tekah ditunjukkannya melalui mujizat membangkitkan orang mati. Menurut Injil ada tiga kali Yesus menghidupkan orang  mati: Lazarus (Yohanes 11), seorang pemuda di Nain (Lukas 7:11-15) dan Putri Yairus (Luk 8:54). Hal ini menunjukkan bahwa kuasa yang Yesus bukanlah hanya menyembuhkan orang sakit, atau memberikan tanda mujizat seperti nabi-nabi dalam PL saja. Namun Yesus melebihi itu karena dapat membangkitkan orang yang sudah mati. Hal ini juga sebagai bukti bahwa Yesus berkuasa atas maut. Dari tiga data yang dituliskan kitab Injil ini, hendak membuktikan bahwa Yesus berkuasa atas hidup. Yesus adalah pemilik kehidupan ini.

"Akulah kebangkitan dan hidup." Hal ini disampaikan oleh Yesus untuk menyakinkan dan menghibur Marta dan Maria. Mereka menangis dan seolah menyesali ketidak hadiran Yesus. Seandainya Yesus ada pada waktu Lazarus sakit mungkin tidak akan seperti ini mereka kehilangan saudaranya. Marta dan Maria menangis. Melihat keadaan itu sungguh Yesus pun menangis (Yoh 11:35). Apalagi Lazarus disudah dikuburkan, Yesus meminta agar mereka menunjukkan dimana mayat Lazarus dikuburkan. Setelah sampai di kuburan itu Yesus meminta untuk mengangkat batu penutup kuburan itu maka dilihatlah jasad Lazarus sudah membusuk. Namun Yesus membangkitkan Lazarus. Yohanes 11:43-44 (TB)  Dan sesudah berkata demikian, berserulah Ia dengan suara keras: "Lazarus, marilah ke luar!" Orang yang telah mati itu datang ke luar, kaki dan tangannya masih terikat dengan kain kapan dan mukanya tertutup dengan kain peluh. Kata Yesus kepada mereka: "Bukalah kain-kain itu dan biarkan ia pergi."

Akulah kebangkitan dan hidup: perkataan ini benar adanya. Bukan hanya karena Yesus membangkitakan Lazarus dan dua lainnya yang dituliskan dalam Injil. Namun Yesus telah menelan maut itu sendiri. Barang siapa yang percaya kepada Yesus tidak akan mati tetapi akan memperoleh kehidupan yang kekal. Kematian dan kebangkitan Yesus mebuktikan sepenuhnya Yesuslah kebangkitan dan hidup.

Tidak semua kalangan Yahudi percaya tentang kebangkitan daging orang percaya. Khsusunya Saduse, mereka menganggap kematian adalah akhir perjalan seseorang. Jika sudah meninggal berakhirlah segalanya. Dalam pemahaman demikian memang kematian akan menjadi hal yang menakutkan karena akhir dari segalanya. Namun dengan kematian dan kebangkitan Kristus kematian bukanlah akhir segalanya, justru kematian adalah  pintu masuk memasuki kehidupan baru.

Sahabatku, inilah yang senantiasa kita percaya Yesuslah kebangkitan dan hidup. Jangan biarkan diri dilingkupi kesedihan baik oleh berbagai penderitaan, berduka karena kehilangan orang kita kasihi dengan terus menangis dan berduka seolah tak berpengharapan. Bangkitlah jalani hidup ini dengan penuh penharapan. Percaya kepada Yesus sang pemilik dan pengatur hidup ini. Jangan takut menghadapi kematian karena kita telah menjadi milik Kristus. Kita kelak sama seperti Kristus yang akan memperoleh kebangkitan dan memasuki hidup yang kekal.

Sahabatku! Kiranya Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan kepada saudara.

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...