Rabu, 24 April 2019

KEBANGKITAN KRISTUS DAN KEBANGKITAN ORANG MENINGGAL

KEBANGKITAN KRISTUS DAN KEBANGKITAN ORANG MATI?

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita dalam beraktifitas. Kamis, 25/04/2019

1 Korintus 15:13 (TB)  Kalau tidak ada kebangkitan orang mati, maka Kristus jugja tidak dibangkitkan.

1 Corinthians 15:13 (RWV)  But if there is no resurrection of the dead, then is Christ not risen:

Ada satu artikel hasil survey yang dilakukan pada bulan Maret 2019 di Inggris bahwa jika ditanya apakah engkau percaya Yesus bangkit dari kematian: hanya 26 persen yang percaya. Pertanyaan kedua apakah percaya akan kebangkitan  hidup setelah kematian: 82 persen percaya. https://churchleaders.com/news/348659/ Survey ini menurut saya menunjukkan data yang sangat menarik bahwa begitu banyak orang yang di jaman now tidak percaya akan kebangkitan Yesus tetapi percaya kepada kebangkitan orang meninggal. Data ini memberikan kesimpulan banyak orang yang di jaman modern ini tidak percaya akan kebangkitan Yesus Kristus namun percaya akan adanya kebangkitan orang meninggal.

Pandangan ini menjadi tantangan dan sekaligus tugas yang serius bagi gereja untuk meyakinkan masyarakat di jaman now (rasional) agar percaya kepada kebangkitan Kristus. Hal ini beralasan karena ajaran tentang kebangkitan orang meninggal bersumber dari ajaran Alkitab yang diangkat dari peristiwa kebangkitan Tuhan Yesus Kristus. Dengan kata lain adanya doktrin kebangkitan orang meninggal bersumber pada pada peristiwa kebangkitan Kristus. Sebagaimana Kristus yang bangkit maka akan ada kebangkitan orang yang hidup dan mati.  Kristuslah yang sulung dari kebangkitan 1 Korintus 15:20 (TB)  Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal. (Lih juga Kolose 1:18)

Percaya kebangkitan Yesus membuka harapan kita bahwa hal yang sama akan kita alami bahwa manusia akan bangkit memasuki tubuh rohani kita dan menjadi pewaris kerajaan Allah. Gereja harus terus memberitakan kebangkitan Kristus di jaman modern.  Bagaimana kita mungkin percaya kebangkitan manusia setelah kematian tetapi tidak percaya kepada kebangkitan Kristus?

Renungan hari ini menegaskan bahwa jika Kristus tidak bangkit maka sia-sialah iman kita. Dasar menerima kebangkitan Yesus benar seperti yang disampaikan oleh Injil Yohanes adalah "berbahagialah orang yang tidak melihat tetali percaya." (Yoh 20:29). Berbagai peristiwa yang dilakukan oleh Yesus dituliskan di dalam Injil agar kita percaya.  Kristus benar-benar telah bangkit sebagaimana dikatakan kepada murid-murid sebelumnya. Yesus Kristus telah bangkit hal itu dibuktikan dengan kubur telah kosong. Yesus tidak ada dalam kubur. Yesus Kristus telah bangkit bukan hanya sebagai kabar burung , tetapi benar-benar telah  bangkit karena Yesus yang bangkit itu menampakkan diri kepada murid-murid, kepada orang banyak. Selama empat puluh hari Yesus bersama-sama murid-muridNya, berjalan bersama mereka, mengajar, makan dan minum dengan mereka sebelum naik ke Sorga. Ini semua merupakan bukti bahwa Yesus benar-benar telah bangkit agar kita memperoleh kehidupan yang kekal.

KebangkitanNya mengalahkan maut. Itulah yang kita imani dan iman kita itu akan meneguhkan kepercayaan kita bahwa kelak akan ada kebangkitan orang meninggal. Manusia menanggalkan tubuh jasmani dan setelah dibangkitkan kita memiliki tubuh rohani dan hidup bahagia selamanya bedama Bapa di sorga dalam kehidupan yang kekal.

Sahabat yang baik hati! percaya kepada kebangkitan Yesus Kristus meneguhkan jaminan kehidupan kekal bagi kita. Kebangkitan Kristus telah menjadi jaminan keselamatan kita memperoleh hidup yang kekal.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup sausara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...