Senin, 29 April 2019

NYANYIKAN DAN KABARKANLAH PERBUATAN TUHAN

*NYANYIKAN DAN KABARKANLAH PERBUATAN TUHAN*

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hati ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Selasa, 30/04/2019.

Mazmur 96:2 (TB)  Menyanyilah bagi TUHAN, pujilah nama-Nya, kabarkanlah keselamatan yang dari pada-Nya dari hari ke hari.

Psalms 96:2 (RWV)  Sing to the LORD, bless his name; show forth his salvation from day to day.

Menyanyi adalah eskpressi jiwa seseorang yang dituangkan dalam bentuk syair-syair indah dan dilantunkan dengan melodi serta diiringi dengan musik. Tidak heran jika seseorang mendengar nyanyian dan musik gembira spontan akan mengalami kegembiraan dan sebaliknya syair yang sedih diiringi musik yang syahdu bisa membuat seseorang menangis dan berurai air mata. Itulah kekuatan musik dan lagu di dalam diri seseorang, membatin dan melekat di hati.

Seiring dengan itu, Mazmur 96 mengajak umat Allah menyanyikan nyanyian baru bagi Tuhan, nyanyian yang menceritakan kebaikan dan segala perbuatan Allah yang menyelamatkan umatNya. Nyanyian yang menceritakan kekuasaan dan kemuliaan Tuhan atas segala bangsa dan alam semesta. Dengan menyanyikan perbuatan Allah, tentu membatinkan makna cerita dalam syair-syair lagu. Ajakan menyanyi ini penting, karena fakta membuktikan setiap orang biasanya selalu mengingat lirik syair lagu favoritnya. Maka demikianlah orang percaya menyanyi bagi Tuhan berarti mengingat segala kebesaran dan kebaikannya.  Ajakan menyanyi bukan sekedar menyanyi, tetapi menyanyikan nyanyian baru bagi Tuhan dengan maksud mensyukuri perbuatan Tuhan karena berkatNya selalu baru bagi kita.

Bagaimana  kita mengucap syukur atas segala karya dan perbuatan Tuhan dalam hidup kita?  Pemazmur merasakan dan mengalami langsung perbuatan-perbuatan Allah yang ajaib. Pemazmur mengungkapkan alasan untuk bermazmur bagi Tuhan:
- Allah itu pencipta dan pemelihara kehidupan (ay 5)
- Allah adalah sumber keselamatan hari demi hari (ay 2)
- Allah itu penuh kemuliaan dan kuasa-Nya melebihi segala kuasa yang ada dan perbuatannya ajaib mengatasi segala bangsa. (Ay 3-5)
- Allah itu berdaualat atas segala alam (ay 11-12)
- Allah itu hakim yang adil yang akan menghakimi perbuatan setiap orang. (Ay 13)

Sama seperti kita mengalami suatu kegembiraan dan kejutan dalam hidup dipastikan kita tidak akan mendiamkannya tetapi spontan akan menceritakannya kepada orang lain. Istilah jaman now setidaknya update status atas apa yang dialami dan dirasakan. Demikianlah pemazmur mengajak seluruh umat untuk menyanyikan Tuhan atas segala pengalaman dan perbuatan Allah dalam hidup mereka.

Menyanyikan dan menceeitakan perbuatan Tuhan, ibarat seorang singer yang melantunkan lagu indah sehingga setiap orang yang mendengarkannya terpesona. Demikianlah orang percaya menyanyikan kemuliaan Tuhan sehingga setiap orang mengenal keagungan Tuhan. Atau ibarat seorang reporter atau nara wacana yang mengetahui suatu fakta kebenaran dan  memberitakan kepada publik agar semua tahu tentang kebenaran suatu peristiwa. Lebih dari itu orang percaya memberitakan dan menceritakan karya keselamatan Allah yang telah dijanjikan dan dipenuhi dari sejarah bapak leluhur hingga pemenuhannya di dalam Yesus Kristus. Demikianlah orang menceritakan dan memberitakan karya keselamatan yang telah kita terima di dalam Injil Yesus Kristus. Kematian dan kebangkitan Kristus telah menjadi keselamatan bagi kita.

Sahabat yang baik hati! Menyanyikan dan menceritakan perbuatan Tuhan berarti kesediaan hati mempersembahkan korban terbaik di pelataran Allah (ay 8). Persembahan terbaik dihadapan Allah adalah mempersembahkan tubuh kita sebagai korban yang harum bagi Tuhan. Roma 12:1 (TB)  Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin.

 Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...