Rabu, 03 April 2019

PENYERTAAN TUHAN ATAS MUSA

PENYERTAAN TUHAN ATAS MUSA

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Kamis, 05/04/2019

Keluaran 33:17 (TB)  Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Juga hal yang telah kaukatakan ini akan Kulakukan, karena engkau telah mendapat kasih karunia di hadapan-Ku dan Aku mengenal engkau."

Exodus 33:17 (RSV)  And the LORD said to Moses, "This very thing that you have spoken I will do; for you have found favor in my sight, and I know you by name."

Berjalan di Padang Gurun merupakan tantangan berat, sulit dan berbahaya. Padang gurun berarti juga padang belantara dan semak belukar atau  gurun pasir.  Di padang gurun tidak ada petunjuk jalan yang bisa diikuti, semuanya merintis jalannya dalam ketidak pastian. Selain ketidak pastian arah,  berjalan di padang gurun penuh perjalanan penuh resiko: bisa saja datang dari binatang buas yang ganas dan binatang berbisa yang mematikan. Tidak ada kepastian orang yang berjalann di padang gurun  akan selamat di jalan ini karena bisa saja sewaktu-waktu badau gurun yang menyesakkan. Orang berjalan di padang gurun sepenuhnya harus tergantung pada keyakinan. Sewaktu-waktu bisa datang badai gurun yang mematikan. Perjalanan 40 tahun di padang gurun dipakai Tuhan membentuk bangsa Israel menjadi umatNya. Karena itu dalam memimpin bangsa Israel selama di padang guru, dia meminta petunjuk dan memohon kasih karunia Tuhan. Bagi Musa kalau bukan kasih karunia Tuhan yang menyertai perjalanan ini, lebih baik mer

Apa tanda penyertaan dan pemeliharaan Tuhan yang mengikuti perjalanan mereka Keluaran 33:13 (TB)  Maka sekarang, jika aku kiranya mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, beritahukanlah kiranya jalan-Mu kepadaku, sehingga aku mengenal Engkau, supaya aku tetap mendapat kasih karunia di hadapan-Mu. Ingatlah, bahwa bangsa ini umat-Mu."

Tuhan menjawab Musa bahwa apa yang telah dikatakan oleh Tuhan akan terjadi. Tuhan yang memilih Musa, memanggil dan memerintahkannya menghadap Firaun membebaskan Israel. Tuhan juga yang menyertai Musa menghantarkan bangsa Isrsel ke Kanaan. Jadi tak ada keraguan sedikit pun atas janji Tuhan. Tyhan sendiri mengenal umatNya berdasarkan itu pula Tuhan melakukan janjiNya dihadapan Israel.

Tuhan mengetahui apa yang terbaik untuk kita. Inilah yang diyakinkan Tuhan ppada Musa: Dia dan seluruh bangsa Isrsel yang bergerak maju menusin kanaa Mendapat Kasih Karunia dengan Percaya Musa meminta tanda apa yang dapat mereka lihat dan rasakan bahwa  mereka mendapat kasih karunia dari Tuhan?  Apa tandaw yang bisa mereka ketahui bahwa Tuhan berjalan bersama mereka. Sebelumnya Tuhan telah memberikan tiang api dan tiang awan.  Keluaran 13:21 (TB)  TUHAN berjalan di depan mereka, pada siang hari dalam tiang awan untuk menuntun mereka di jalan, dan pada waktu malam dalam tiang api untuk menerangi mereka, sehingga mereka dapat berjalan siang dan malam.

Itu bukti dan sekaligus tanda bagi mereka untuk berjalan atau berkemah. Jika tiang awan naik di atas tabut, itu tanda mereka akan berjanlan sebaliknya jika tiang awan turun itu tanda bagi mereka untuk tinggal dan berekemah. (Keluaran 40:36-37)

Sahabat yang baik hati! Demikian dalam menjalani hari-hari kita, mintalah di dalam doa memohon petunjuk kepada Tuhan. Yakin dan percayalah Tuhan menjawab seperti Musa.  Tuhan bukan hanya memberi petunjuk  tetapi Allah sendiri berjalan bersama mereka. Tuhan memberikan kepastian akan penyertaan Tuhan dalam perjalanan hidup mereka: Keluaran 33:14 (TB)  Lalu Ia berfirman: "Aku sendiri hendak membimbing engkau dan memberikan ketenteraman kepadamu."

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam : Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...