Selasa, 09 April 2019

TIADA ALLAH SEPERTI ENGKAU

TIADA ALLAH SEPERTI ENGKAU

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Fieman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Rabu, 10/04/2019.

Mazmur 89:8 (TB)  (89-9) Ya TUHAN, Allah semesta alam, siapakah seperti Engkau? Engkau kuat, ya TUHAN, dan kesetiaan-Mu ada di sekeliling-Mu.

Psalms 89:8 (RWV)  O LORD God of hosts, who is a strong LORD like thee? or to thy faithfulness around thee?

Tiada Allah seperti Engkau! Suatu kalimat pengakuan iman yang harus terus menerus diungkapkan oleh orang percaya. Hal itu cukup beralasan karena  pengalaman orang beriman. Banyak perbuatan besar dan kuasa Tuhan yang terjadi dalam kehidup umatNya. Allah itu kuat dan perkasa, tiada ada kuasa apapun yang dapat dibandingkan dengan kuasa Allah.

Dalam sejarah bangsa Israel, Tuhan telah membuktikan kekuasaanNya atas bangsa-bangsa asing. Siapakah Israel dibandingkan Mesir? Mereka hanyalah komunitas budak namun dapat melepaskan diri dari penindasan Raja Firaun manusia terkuat di zaman itu? Itu semua karena Tuhan melakukan tanda ajaib yang besar bahwa kuasa Tuhan lebih besar dari kuasa Firaun. Selama di padang gurun dan memasuki tanah Kanaan,  Kuasa Tuhan memelihara dan memenangkan umatNya melawan suku-suku bangsa yang telah berdiam di Kanaani sehingga mereka berhasil menundukkan dan menduduki Kanaan. Begitu banyak suku bangsa di Kanani, namun kuasa Kanaan dapat dikuasi oleh Israel dan dibagi menurut keduabelas suku-suku Israel

Selain kuat, dalam Mazmur ini menyebutkan bahwa Tuhan itu penuh kasih setia. Tuhan itu konsisten dan tak pernah melupakan perjanjianNya kepada umatNya. Sekali Ia berjanji maka akan ditepati.  Allah tak pernah membiarkan apalagi meninggalkan hamba yang diurapiNya, tetapi akan berpegang teguh pada janjiNya yang kekal selama-lamanya.

Mazmur 89 ini diberi judul: "Kasih Setia Tuhan Kepada Daud."  Sebagai salah satu Mazmur yang memuji dan menyanyikan kebesaran Allah atas kuasa dan kasih setia Allah yang dialami oleh hambaNya Daud. Siaoakah Daud sehingga Tuhan mengingatNya? Dari segi perawakan Daud orang yang terbelakang dari saudara-saudaraya, tubuhnya kecil namun dialah yang tampil melawan manusia raksasa Goliat. Pengurapan Samuel atas Daud menjadi perjanjian kepada Daud dan keturunanNya. Mazmur ini mengungkapkan suatu rahasia dibalik keberhasilan Daud  menjadi raja atas Israeldan takhtanya yang turun temurun:

Pertama pengurapan Daud merupakan pemenuhan janji Tuhan kepada leluhur Israel dan diwariskan  turun-temurun. Kejadian 49:10 (TB)  Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa.
Tuhan itu penuh kaksih setia yang tidak pernah putus sejak leluhur mereka hingga dipenuhinya sleuruh janjinya kepada anak-cucu umat Israel.

Kedua, Tuhan memenuhi janjiNya kepada hambaNya Daud, yang memilih dan menetapkan, megurapi dan mengokohkan takhta Daud dan kerajaan secara turun-temurun. 2 Samuel 7:15-16 (TB)  "Tetapi kasih setia-Ku tidak akan hilang dari padanya, seperti yang Kuhilangkan dari pada Saul, yang telah Kujauhkan dari hadapanmu. Keluarga dan kerajaanmu akan kokoh untuk selama-lamanya di hadapan-Ku, takhtamu akan kokoh untuk selama-lamanya."

Ketiga, Tuhan yang memberikan kemenangan atas musuh-musuhnya. Mazmur 89:10 (TB)  (89-11) Engkaulah yang meremukkan Rahab seperti orang terbunuh, dengan lengan-Mu yang kuat Engkau telah mencerai-beraikan musuh-Mu.

Sahabat yang baik hati! Tuhan itu kuat dan kasih setianya selama-lamanya. Mazmur ini meninggikan Tuhan bahwa tidak ada satu orang pun yang bisa menandingi Tuhan di dunia. Sehebat apapun manusia tidak akan bisa melawan kekuatan Tuhan. Tuhan Mahakuasa. Dialah sumber kekuatan sejati. Kesetiaan-Nya tak kan pernah berubah-ubah. Allah setia mengasihi, menjaga dan memberkati kita siang dan malam.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...