Selasa, 23 April 2019

BANGUNLAH HAI KAMU YANG TERTIDUR Efesus 5:14

BANGUNLAH HAI KAMU YANG TIDUR

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Rabu, 24/04/2019.

Efesus 5:14 (TB)  Itulah sebabnya dikatakan: "Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati dan Kristus akan bercahaya atas kamu."

Ephesians 5:14 (RWV)  Therefore he saith, Awake thou that sleepest, and arise from the dead, and Christ shall give thee light.

Bagi orang Kebangkitan Kristus membangunkan kesadaran manusia agar bangkit meraih kehidupan. Sebelum kebangkitan Kristus manusia manusia ibarat tertidur dalam dosa, berusaha melepaskan diri namun terus terbius.  Kini dengan kebangkitan Kristus manusia bangun dan sadar atas statyus batu bahwa kita telah dibebaskan dari hamba dosa menjadi  milik Allah.

Bangunlah dari tidurmu! Orang yang tetidur biasanya memasuki alam bawah sadar, seluruh indra beristirahat dan tidak ingat aoa-apa.  Tidak seperti biasanya seluruh organ tubuh berfungsi dengan baik dimana. Dalam keadaan tertidur seseorang tidak menyadari apa di sekitarnya tetapi dia memasuki alam bawah sadar.  Kepekaan seseorang yang sedang tertidur memang berebeda-beda, ada yang cepat sadar jika ada gerakan, bunyi atau aroma tertentu sehingga dengan cepat bangun. Namhn ada pula seseorang tidak peka dalam keadaan tertidur, biasanya tipe seperti ini sulit dibangunkan.

Bagunlah dari Tidur! Suatu ajakan Paulus kepada jemaat Efesus yang dia panggil sebagai anak-anak terang. Sebutan Anak-anak terang ini dipakai untuk membedakan mereka sebelum menerima Yesus. Sebelum menerima Yesus mereka tak mengenal Allah dan hidup dalam dosa serta larut dalam kebiasaan-kebiasaan daging yanh membinasakan. Namun Kristus telah menebus kita melalui kematian dan kebangkitanNya, karena itu kita harus meninggalkan manusia lama menjadi manusia baru yang hidup di dalam terang Kristus. Disebut anak-anak terang karena Kristus bercahaya atas orang yang percaya kepadaNya.

Bangunlah! Sama seperti seorang yang membangunkan yang tertidur, agar siuman dan menyadsri diri hidup di dalam terang. Bangunlah berarti tersadar atas realitas kehidupan mereka yang baru. Mereka telah menerima Kristus, maka dengan demikia  haruslah meninggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan. Manusia lama berarti kematian, mencintai dosa dan hidup dalam keinginan-keinginan daging yang membinasakan. Efesus 5:5 (TB)  Karena ingatlah ini baik-baik: tidak ada orang sundal, orang cemar atau orang serakah, artinya penyembah berhala, yang mendapat bagian di dalam Kerajaan Kristus dan Allah. Bangunlah! Mempertanyakan orientasi hidup apakah upah hidupmu jika masih tinggal  dalam manusia lama? Perbuatan demikian tidak akan dapat masuk dalam kerajaan Sorga.

Inilah ajakan Firman Tuhan dalam renungan ini, agar anak-anak Tuhan bangun dan meninggalkab segala perbuatan dosa. Anak-anak Tuhan hatus bangkit dari berbagai hal yang mengikat mereka dengan dosa dan kematian karena Kristus telah mengalahkan maut. Ibarat rantai pengikat di mana seseorang tidak dapat dilepaskan lagi, demikian manusia tidak akan lepas lagi dari rantai dosa dan kematian. Tetapi kuasa kebangkitan Kristus telah mengalahkan maut agar setiap orang yang percaya beroleh hidup yang kekal.

Sahabat yang baik hati! Kita harus bangkit menanggalkan manusia lama memasuki manusia baru di dalam Yesus Kristus. Mari periksa hidup koita masing-masing. Hidup ini dua pilihan: kematian atau hidup. Hidup dalam keinginan daging yang membinasakan akan membawa kita kepada kematian. Jalan hidup orang percaya yang diterangi oleh cahaya Kristus akan dituntun sampak menerima mahkota kehidupan yang kekal. Segerelah bangun, berjalan di jalan terang Tuhan yang telah memberikan kehidupan yang kekal.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...