Selasa, 30 April 2019

KEBANGKITAN KRISTUS MEMBERIKAN KEMENANGAN

KEBANGKITAN KRISTUS MEMBERIKAN KEMENANGAN

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Rabu 01/04/2019

1 Korintus 15:57 (TB)  Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.

1 Corinthians 15:57 (RWV)  But thanks be to God, who giveth us the victory through our Lord Jesus Christ.

Kemenangan sangat berarti bagi setiap orang yang ikut dalam kompetisi. Siapapun orangnya pasti akan bangga jika memenangi suatu lomba atau pertandingan. Kemenangan itu merupakan suatu pembuktian keunggulan. Tapi jangan deklarasikan kemenangan sebelum wasit memutuskan hasil pertandingan ya apalagi merayakannya padahal belum dinyatakan sebagai pemenang. Dalam pertandingan harus siap kalah dan siap menang: beri apresiasi bagi yang menang, bagi yang belum evaluasi diri dengan baik siapa tahu ada banyak pelajaran yang didapatkan.

Iman kekristenan banyak berbicara tentang kemenangan: kemenangan iman, kemanangan kehidupan dan kemenangan atas kematian. Iman mengajarkan tentang kemenangan orang percaya dalam kehidupan. Kebangkitan Kristus adalah perayaan kemenangan ats maut. Hari Minggu adakah hari kebangkitan, maka dalam srtiap ibadah minggu kita semestinya merayakan kemenangan Kristus yang telah mengalahkan maut.

Kemenangan bukanlah hal rumusan dogmatis semata, namun realitas hidup orang percaya yang  memiliki kemenangan. Kemenangan di dalam Yesus Kristus. Banyak ayat Alkitab yang mendidik orang percaya untuk menjalani pertandingan dengan baik: ibarat seorang atlet pelari yang berlari sampai garis finis. Ibarat seorang petinju yang harus memenangkan segala pertandingan atau ibarat seorang prajurit dalam memenangi pertempuran. (Baca 2 Tim 2:2-6: olah ragawan, petani dan prajurit;  1 Kor 9:26 petinju; ).  Itu semua adalah narasi-narasi Alkitab yang mengedukasi anak-anak Tuhan bagaimana memenangkan pertandingan hidup. Dan diatas semua itu kemenangan itu adalah anugerah dari Tuhan.

Hidup ini adalah perlawanan dua kekuatan kekuatan daging dan kekuatan roh. Kekuatan daging akan menggiring manusia jatuh dalam dosa, sementara kekuatan roh akan membawa kita hidup dalam anugerah keselamatan. Sejak manusia jatuh dalam dosa, maka manusia diperhamba oleh dosa. Sama seperti oleh seorang jatuh ke dalam dosa maka oleh Kristus manusia memperoleh kasih karunia. Kasih karunia itu adalah keselamatan yang dimenangkan melalui kebangkitan Yesus Kristus.  Kristus telah mati dan bangkit dari antara orang mati untuk membebaskan manusia dari kuasa maut. Maka manusia telah menang atas kuasa dosa dan maut. KebangkitanNya buktikan kemenangan  Krostus atas maut. Maut telah dikalahkan dan kuasa dosa telah ditahlukkan. 1 Korintus 15:55 (TB)  Hai maut di manakah kemenanganmu? Hai maut, di manakah sengatmu?"

Syukurlah kepada Allah yang membangkitkan Yesus Kristus dan memenangkan kita dari kuasa dosa agar ikut memperoleh mahkota kehidupan.

Sahabatku. Tuhan membeekati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin.

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...