Sabtu, 20 April 2019

SUPAYA KAMU PERCAYA

Kotbah Minggu Paskah I, 21 April 2019
Nas: Yohanes 20:24-31

KRISTUS BANGKIT SUPAYA KAMU PERCAYA


Selamat Paskah! Sahabat yang baik hati, kebangkitan Kristus adalah fundamental dalam iman kekristenan. Menguatkan ini Firman Tuhan mengatakan 1 Korintus 15:17 (TB)  Dan jika Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaan kamu dan kamu masih hidup dalam dosamu. Kebangkitan Kristus adalah fondasi iman kekristenan.

Satu artikel dalam penelitian di United Kingdom (Inggris) yang dilakukan pada bulan Maret 2019  bahwa jika ditanya apakah engkau percaya Yesus bangkit dari kematian: hanya 26 persen yang percaya. Pertanyaan kedua apakah percaya akan kebangkitan  hidup setelah kematian: 82 persen percaya. https://churchleaders.com/news/348659. Survey ini menurut saya menunjukkan data yang sangat menarik begitu banyak orang yang tidak percaya akan kebangkitan Yesus di jaman kini. Ini tugas berat bagi gereja untuk meyakinkan orang banyak atas kebangkitan Kristus. Hal ini sangat memungkinkan karena 82 percen percaya akan kebangkitan setelah kematian. Dasar ajaran kebangkitan dari kematian adalah bersumber dari kekristenan, gereja harus meyakinkan setiap orang agar percaya bahwa Kristuslah yang sulung dari kebangkitan 1 Korintus 15:20 (TB)  Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal. (Lih juga Kolose 1:18)

Kotbah minggu ini meyakinkan kebangkitan Kristus dengan belajar dari pengalaman Thomas. Thomas sebelumnya tak percaya Yesus bangkit hal ini didasarkan pada logika dan belum melihat Yesus sendiri (pengalaman empiris).  Maka dia berkata: Yohanes 20:25 (TB) Tetapi Thomas berkata kepada mereka: "Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya."  Selanjutnya Yesus pun datang menampakkan diri kepada Thomas di depan murid-murid lainnya. Yesus mempersilahkan Thomas untuk melakukan apa yang dimintanya. Apa yang terjadi dengan mendengar dan melihat Yesus, Thomas sujud dan percaya. Lalu Yesus pun berkata:  ...berbahagialah orang yang percaya sekalipun tidak melihat (Yoh 20:29). Inilah dasar Kristen, sekalipun kita melihat tetapi kita percaya Yesus bangkit. Kristus diberitakan, Injil dituliskan serta Firman dikotbahkan supaya kita semakin percaya.

Tugas orang percaya kini adalah memberitakan kebangkitan Kristus agar setiap orang percaya bahwa Kristus telah bangkit.
- Kristus telah bangkit, dibuktikan dengan kubur telah kosong dan Yesus menampakkan diri kepada murid dan orang banyak (kotbah paskah subuh, (Mat 28:1-10)
- Berbahagialah orang yang percaya sekalipun tidak melihat (Yoh 20:29)
- Bagaimana orang percaya menggunakan akal. Akal bukan untuk mengabaikan iman, tetapi akal membantu kita untuk meneguhkan iman.

Selamat paskah bagi kita semua, kiranya perayaan paskah ini semakin meyakinkan kita percaya kepada Yesus Kristus. Tuhan memberkati. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...