Jumat, 19 April 2019

DAUD MAJU MELAWAN GOLIAT

DAUD MAJU MELAWAN GOLIAT

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini, untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sunber kekuatan, inslirasi dan motivasi bagi kita. Sabtu, 20/04/2019

1 Samuel 17:32 (TB)  Berkatalah Daud kepada Saul: "Janganlah seseorang menjadi tawar hati karena dia; hambamu ini akan pergi melawan orang Filistin itu."

1 Samuel 17:32 (RWV)  And David said to Saul, Let no man’s heart fail because of him; thy servant will go and fight with this Philistine.

Pengumuman Goliat manusia raksasa membuat seluruh Rakyat Israel ketar-ketir.  Goliat menantang bagsa itu agar maju berperang melawannya. Manusia raksasa ini siap mematahkan leher siapa saja yang maju berperang melawan dia. Tinggi badannya 6 hasta sejengkal atau sekita 3.6 Meter, berbajuzirahkan tembaga diperkirakan seberat 5000 syikal (57 kg), memiliki tombak seberat 600 syikal atau 7 Kg. Postur tubuh yang demikian saya jadi ingat film karton ultramen atau power ranger. Dapat kita bayangkan seramnya Goliat ini bagi seorang manusia yang memiliki postur tubuh dan tak mungkin ada orang yang mau berperang satu lawan satu dengannya.

Tantangan Goliat tak kunjung terjawab, sudah empat puluh hari tak ada yang mau maju. Prajurit-prajurit terbaik Saul pun tak ada yang berani termasuk Saul sendiri sebagai pemimpin terhebat dari Israel gemetar dan ketakutan terhadap Goliat. Hal ini telah merendahkan bangsa Israel dan penghinaan bagi umat Allah. Penakut, tak berani dan semua orang menjadi tawar hati. Semuanya terdiam dan tak ada yang berani.

Dalam keadaan mencekam diseluruh Israel, Daud seorang gembala, berpostur kecil menghadap Saul dan menyatakan kesediannya maju melawan Goliat. Berita ini sangat mengejutkan Saul dan seluruh bangsa Israel. Ada orang yang mau melawan sang raksasa.  Tidak yakin tapi direlakan, Saul menyodorkan perlengkapan perang miliknya untuk Daud namun karena postur tubuh yang kecil tak dapat menggunakannya. Daud akan maju dengan caranya sendiri menghadapi Goliat. Rencana Daud itu mendapat hambatan dari Eliab dan saudaranya yang lain karena bagi mereka melawan Goliat sama saja dengan menyerahkan nyawa sendiri. Maka mereka tidak merestui niat Daud maju melawan Goliat. Tapi Daud sudah memiliki niat untuk maju bukan karena kehebatanNya tetapi membela umat Allah dari penghinaan orang yang congkak. Keberanian Daud maju melawan Goliat bukanlah didasarkan perhitungan menang, tetapi oleh doa dan penyertaan Tuhan sebagaimana diungkapkan dalam 1 Samuel 17:37 (TB)  Pula kata Daud: "TUHAN yang telah melepaskan aku dari cakar singa dan dari cakar beruang, Dia juga akan melepaskan aku dari tangan orang Filistin itu."

Apa yang terjadi? Goliat menganggap rendah Daud dan menyebutkannya anjing. Daud pun melawan Goliat di dalam nama Tuhan.  1 Samuel 17:45 (TB)  Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu: "Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu.
Tanpa basa-basi Daud berlari melawan dan Goliat dan tumbang sekejab tanpa perlawanan berarti. Daud memukul Goliat melalui aliali yang dilemparkannya persis mengenai dahi Goliat dan batu itu menempel di dahinya dan sekejab Goliat sang raksasa tumbang. Akhirnya Daud mengambil pedang Goliat dan memenggal kepala Goliat. Israel yang ketakutan berubah menjadi sorak sorai kemenangan oleh pahlawan Daud yang perkasa. Mereka selama ini tawar hati, kini mereka berani. Mereka yang selama ini dihina dan diangfap rendah oleh bangsa Flistin menjadi bangsa yang dihormati dan disegani.

Sahabat yang baik hati, dalam suasana mencekam dan tertekan serta tak punya akses untuk meminta pertolongan jangan putus asa, tetaplah setia, Tuhan akan mengutus malaikatnya atau orang yang hendak dipakainya untuk memberikan jalan keluar atas pergumulan yang dihadapi. Tuhan itu baik dan selalu memberi solusi dalam hidup kita.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amen.

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...