Sabtu, 20 April 2019

DIA TELAH BANGKIT: Lihatlah Kubur Telah Kosong

Kotbah Paskah Subuh: Minggu, 21 April 2019

*DIA TELAH BANGKIT:   Lihatlah Dia Tidak Ada Disini*
Nats Matius 28:1-10

Selamat Paskah! Happy Easter! Telah bangkit Kristu, Haleluya. Itulah syukur dan nyanyian kita di hari kebangkitan ini. Jika pada Jumat Agung kita diundang memandang Yesus yang disalibkan untuk memperbaharui perilaku. Maka di Pesta Paskah ini kita diundang melihat bahwa kubur telah kosong. Kristus telah bangkit. Lihatlah Dia tidak ada di dalam kubur.  Malaikat memberitahukan kepada murid-murid yang datang ke kubur Yesus di subuh hari. Kristus telah bangkit kubur kosong. Injil Matius mau meyakinkan kita akan kebangkitan Yesus Kristus.

Kubur kosong dan percaya pada kebangkitan Kristus adalah dasar dam iman Kristen karena tanpa kebangkitan Kristus iman kita kosong. 1 Korintus 15:14 (TB)  Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu.

Secara logis banyak orang sulit menerima kebangkitan Kristus, karena kebangkitan orang mati adalah suatu peristiwa yang tidak masuk akal. Namun apapun argumentasi logis yang dibangun untuk membantah kebangkitan Kristus tidak dapat menyangkal dua bukti historis tentang kebangkitan Kristus yaitu: kubur kosong dan penampakkan diri Yesus setelah kebangkitan kepada murid dan banyak orang sebagaimana dituliskan dalam keempat Injil

*1. Kubur telah kosong, lihatlah Dia tidak ada disini.*
Apa makna cerita tentang kubur kosong? Perjalanan seseorang akan berakhir pada kematian,  terkubur, dan dalam batu nissan tertulis RIP.  Perjalanan berakhir dan istirahat dengan damai. Ada juga orang menggambarkan kematian sebagai ruang gelap mengerikan maka siapapun takut mati. Umumnya kubur mengerikan bagi banyak orang, lewat sajapun orang takut. Namun dengan kebangkitan Kristus apa yang ditalutkan itu tak beralasan. Kematian tak akan menahan setiap orang dalam ruang gelap tetapi akan dibangkitkan.

Jika kubur adalah tragedi menakutkan bagi manusia maka kesaksian iman Kristen menyatakan kubur telah kosong. Yesus tidak ada dalam kubur orang mati, Dia telah bangkit dan telah membuat kubur kosong. Melalui kebangkitan Kristus, kubur kosong hendak membuktikan bahwa apa yang paling  takuti oleh manusia benar-benar kosong. Sejarah manusia berakhir dalam kekosongan. Kubur kosong adalah gambaran realitas kosong dari hidup manusia. Allah hendak memenuhi ruang kosong itu dengan memenuhi kasih karunia Allah. Allah memasuki sejarah dan memenuhi sejarah manusia dengan segala perbuatan dan karya Allah.  Inilah yang membedakan murid-murid melihat Yesus yang tersalibkan:  ketakutan, ratap dan kesedihan. Di dalam kebangkitan Kristus murid-murid memiliki semangat baru dan keberanian untuk memberitakan kasih karunia Allah.

Kubur telah kosong, Kristus yang disalibkan itu telah bangkit. Dialah yang sulung dari kebangkitan orang mati.  Kematian bukanlah akhir jalan hidup orang percaya, tetapi peralihan kita memasuki kehidupan yang kekal.

*2. Segeralah Pergi: Beritahukanlah Dia telah Bangkit.*
Perempuan yang menjadi saksi kubur telah kosong diberi amanat untuk memberitahukan kebangkitan Kristus.
Matius 28:7a (TB)  Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati.

Dari ayat ini ada pesan agar mereka bersegera memberitahukan kebangkitan Kristus. Seolah prinsip ini sama dengan prinsip pemberitaan media: informasi pertama biasanya lebih otentik. Maka perempuan-perempuan itu harus segera  memberitahukan kepada murid-murid bahwa Kristus telah bangkit.

Bersegera juga berarti urgen, sesuatu yang  harus segera diketahui untuk memulihkan dan meneguhkan para murid.  Sebagamana kita ketahui ketika Yesus disalibkan mereka terpukul, frustrasi bahkan ketakutan terhadap ancaman. Jika gurunya telah disalibkan maka hal yang sama juga mungkin akan terjadi pada mereka. Lihatlah reaksi Petrus yang menyangkal Yesus.

Urgensinya berita ini memiliki dua makna, agar para murid segera mengakhiro ketakutan dan kekelaman tetapi bersegera meyakini kebenaran yang disampaikan Yesus.

Uregensinya pemberitahuan tentang kebakitan Kristus agar dunia segera tahu bahwa hidup tidak berakhir pada kematian, tetapi setiap orang akan bangkit dari kematian sebsgaimana Kristus telah bangkit.

*3. Ia mendahului kamu ke Galilea.*
Galilea adalah tempat pertama Yesus memanggil murid-muridNya. Bahkan Petrus sang penjala ikan dijadikan menjadi "penjala manusia".  Demikian dengan murid-murid lainnya dipanggil dan ditetapkan di Galilea.

Matius 28:7b Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu."

Pemberitahun kepada murid bahwa Yesus mendahului mereka ke Galilea berarti menata ulang kembali pemuridan kedua belas murid. Pemuridan paska kebangkitan yang diikuti dengan semangat dan keberanian. Murid paska kebangkitan adalah murid yang percaya sepenuhnya akan kebenaran Firman yang disampaikan Yesus kepada mereka.

Sahabat yang baik hati, berkaitan dengan amanat yang diberitahukan kepada saksi kunci kubur kosong adalah memberitahukan kebangkitan Kristus. Maka tugas kita adalah apa makna kebangkitan Kristus dalam hidup orang percaya di masa kini?  A.M Hunter mencoba menjelaskan ada tiga makna kebangkitan Kristus:

a). Pembuktian kebenaran (vindication of the Truth): apa yang disampaikan oleh Yesus semasa hidupnya adalah sungguh-sungguh merupakan kebenaran baik tentang penderitaan dan tentang kebangkitanNya. Kebangkitan Kristus adalah pembuktian kebenaran. Sekalipun kaum Yahudi dan Romawi menutupi kebenaran akan kehadiran Yesus sebagai Anak Allah, kebangkitanNya membuktikan semua kebenaran tentang Yesus Kristus.
Semangat kebangkitan adalah semangat hidup orang percaya membuktikan kebenaran dalam hidup ini.

b) The Defeat of Death: mematikan kematian itu sendiri. Upah dosa adalah maut namun Kristus telah mengalahkan maut. Kalimat menarik dari Paulus pada 1 Kor 15:54. "Maut telah ditelan oleh kemenangan." Penjelasan ini penting karena sejak manusia jatuh dalam dosa, manusia berdosa adalah budak dosa dan upah dosa adalah maut. Namun maut telah dikalahkan oleh kebangkitan Kristus. Maka di dalam Tuhan kita memperoleh kehidupan. Berhentilah mempercayai kematian akhir segalanya, namun percayalah bahwa dibalik pematian akan ada kebangkitan.

c) Ongoing Ministry: missi yang berkelanjutan. Missi Allah di dunia ini tidak dapat dihentikan oleh kematian dan kubur. Sekalipun Kristus mati dan dikuburkan namun Kristus bangkit dan membuat kubur telah kosong. Kristus tidak berhenti disana dan busuk dalam liang kubur. Kristus bangkit membuktikan kematian tidak akan menghentikan missi Allah. Murid-murid diutus untuk memberitakan kebangkitanNya dari Yerusalem, Yudea, Galilea, Samaria, Eropa, Asia, Indonesia, Tanah Batak sampai ke ujung bumi.

Kebangkitan Kristus memberikan semangat yang berapi-api bagi srtiapmorang percaya untuk memberitakan Injil, melayani dan menjadi saksi Kristus di dunia ini.

Sahabat yang baik hati! Milikilah semangat kebangkitan dalam memberitakan kebangkitan Kristus. Selamat melayani dan Tuhan memberkati kita semua. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...