Senin, 08 April 2019

TUHAN ADIL DAN PENUH KASIH SETIA

TUHAN ADIL DAN PENUH KASIH SETIA

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan mereungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Selasa, 09/04/2019

Mazmur 145:17 (TB)  TUHAN itu adil dalam segala jalan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya.

Psalms 145:17 (RWV)  The LORD is righteous in all his ways, and holy in all his works.

Ada saja pengalaman seseorang yang membuat kita merubah cara pandang kita yang keliru. Seorang penjual buah keliling kecapean membawa dagangannya. Untuk menenangkan diri dari  terik mata hari di kelelahan dia berteduh sejenak dibawah pohon beringin yang besar. Sambil tidur-tiduran dia berkeluah atas hidupnya yang sudah kerja keras namunnhasilnya begit-begitu saja seolah kerja kerasnya tidak diberkati Tuhan. Dia pun berpikir: Tuhan ini sungguh tak adil, masa pohon beringin sebesar ini buahnya hanya kecil sambil memperhatikan buah pohon beringin yang hanya sebesar kelereng sementara semangka aja batangnya kecil buahnya bisa besar. Sambil merenung nasibnya, keluarga dan anak-anaknya akhirnya dia tertidur. Setelah beberapa saat dia tertidur persis ke atas keningnya buah beringin jatuh persis dan membangunkannya. Dia pun karget dan melompat siapa yang melempar dia. Setelah melihat buah beringin tersebut, dia tahu bahwa buah pohon beringinlah yang jatuh menimpa keningnya. Diapun mengelus dada seraya berkata. Sungguh Tuhan itu adil, saya tidak tahu apa jadinya jika buah beringin sebesar semangka mungkin kepalanya sudah pecah. Dia pun sujud dan bersyukur dan berkata: Tuhan itu adil dalam setiap jalannya dan benar dalam setiap keputusannya.

Dalam keadaan tertentu terkadang kita mau berpikir seperti kisah diatas, seolah Tuhan tak adil dalam keputusannya terhadap apa yang terjadi dalam hidup kita. Usaha dan kerja keras kita seolah tak sebanding dengan upah yang kita terima. Kejujuran dan kebaikan kita kok bisa dibalas dengan penipuan dan kecurangan. Pertolongan dan tindakan kasih yang dilakukab berbalaskan kepahitan dan penghianatan. Kita seolah berontak, oh Tuhan mengapa engkau membiarkan ini semua? Mengapa Tuhan membiarkan orang baik menerima keadaan buruk? Jika terjadi demikian bagaimana sikap kita?

Mazmur memberikan suatu nasihat yang berharha, bahwa Tuhan itu adil dalam setiap jalanNya dan penuh kasih setia. Ini yangbharus kita percaya, sekalipun seolah kesulitan diijinkan kita alami tetaplah setia dan berbuat baik, kesulitan yang dihadapi orang baik siapa cara Tuhan mengajar kita untuk lebih mempertajam dan mengasah kepekaan ke depan atas tugas dan tanggung jawab hang lebih besar yang dipersiapkan Tuhan bagi kita. Jika terjadi hal buruk berpikirlah positip siapatau Tuhan menempatkan kita dalam situasi demikian agar ada bibit baik yang akan bertumbuh dan berbuah di tengah-tengah keadaan yang buruk. Jangan surut atas keadaan sulit yang dihadapi tetapi jalanilah dan mibtalah petu juk sebagaimana dalam Mazmur 25:4-5 (TB)  Beritahukanlah jalan-jalan-Mu kepadaku, ya TUHAN, tunjukkanlah itu kepadaku. Bawalah aku berjalan dalam kebenaran-Mu dan ajarlah aku, sebab Engkaulah Allah yang menyelamatkan aku, Engkau kunanti-nantikan sepanjang hari.

Sahabat yang baik hati, Tuhan itu adil dalam setiap jalannya. Keputusannya adalah benar dan terbaik bagi orang yang percaya. Inilahnm yang harus kitanpegang teguh. Allah tak tinggal diam dalam setiap apa yang kita gumuli.  Dia tetap setia mengawal kehidupan kita. Ketahuilah bahwa tidak ada kejadian yang terjadi dalam kehidupan ini tanpa diketahui oleh Tuhan. Waktunya Dia akan bertindak dan memberikan keadilan.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hiduo saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...