Minggu, 31 Maret 2019

JESUS: KEJALAN, KEBENARAN DAN HIDUP

YESUS: JALAN, KEBENARAN DAN HIDUP

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Senin 01/04/2019

Yohanes 14:6 (TB)  Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

John 14:6 (RSV)  Jesus said to him, "I am the way, and the truth, and the life; no one comes to the Father, but by me.

Hidup ini adalah suatu perjalanan. Perjalanan dalam arti ruang (space) bergerak dari suatu kota ke kota lain. Kota dimana kita tinggal sekarang adalah sementara namun kita menuju kota yang abadi. Demikian dengan perjalanan waktu, waktu terus berjalan detik demi detik dan kita tidak tahu pada detik berapa di hari, bulan dan tahun berapa waktu kita berhenti. Akan ada waktu di mana tidak ada awal dan akhir,  itulah keabadian atau kekekalan. Waktu yang kita jalani sekarang ini menuju kepada keabadian. Sejalan dengan itu menarik apa yang dikatakan oleh Kitab Ibrani menyebutkan: Ibrani 13:14 (TB)  "Sebab di sini kita tidak mempunyai tempat tinggal yang tetap; kita mencari kota yang akan datang." 

Dalam perjalanan kita menuju Rumah Bapa di Sorga dan perjalanan waktu kita menuju keabadian yaitu  kehidupan yang kekal. Yesus memberikan kepastian: "Akulah jalan, kebenaran dan hidup!"  Ajaran ini merupakan suatu ajaran kunci dalam Kekristenan yang  tidak ditemukan di dalam ajaran lain. Bahkan ajaran ini menjadi suatu pegangan bagi orang percaya akan kebenaran absolut yang menerima Yesus sebagai Yuruselamat.  Pernyataan yang agung ini menjadikan Alkitab sumber kebenaran dan keyakinan, sehingga kita berjalan di jalan yang tepat dan keyakinan yang tepat. Tidak ada jalan lain yang ditetapkan Allah untuk menyelamatkan manusia tetapi hanya di dalam Yesus Kristus. Kisah Para Rasul 4:12 "Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

"Akulah jalan, kebenaran dan hidup." Marilah kita lihat penjelasan berikut:
 - Akulah jalan: Yesus adalah awal, pertengahan, dan akhir. Di dalam Dia kita harus berangkat, melanjutkan perjalanan, dan menyelesaikannya. Sama seperti perjalanan kita menuju suatu tempat jika jalannya salah maka akan tidak sampai ke alamat yang dituju. Yesus adalah jalan yang membawa kita sampai ke alamat Rumah Bapa di Sorga.
- Akulah kebenaran: Yesus adalah kebenaran yang dinubuatkan sejak purba kala. Dia penuntun jalan kita yang sampai ke Bapa. Yesus adalah kebenaran, juga berarti di dalam Yesus Kristus kita memperoleh kebenaran. Manusia tidak dapat benar dihadapan Allah oleh perbuatan baiknya. Kita dibenarkan Allah hanya karena Yesus Kristus.
- Akulah hidup:  Yesus adalah kehidupan itu sendiri . Yoh 11:25 "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati." Yesus menghidupkan orang mati, Dia berkuasa atas hidup. Oleh kematian dan kebangkitanNya memberikan kepastian kebangkitan orang meninghal dan akan memasuki kehidupan yang kekal.

"Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku." Hal inilah yang dijelaskan oleh kita Ibrani peran Kristus sebagai perantara.  Kita tidak dapat memperoleh kebahagiaan datang kepada Allah sebagai Bapa kita tanpa kebaikan dan kebenaran-Nya. Dia adalah Imam Besar yang kita akui, Pembela kita. Ibrani 8:1 (TB)  Inti segala yang kita bicarakan itu ialah: kita mempunyai Imam Besar yang demikian, yang duduk di sebelah kanan takhta Yang Mahabesar di sorga,

Sahabat yang baik hati! Kita bersyukur menjadi murid-murid Tuhan Yesus, karena kita menemukan jalan, kebenaran dan hidup yang membawa kita sampai ke Rumah Bapa di Sorga. Suatu kepastian yang harus kita pegang teguh, jangan ragu dan jangan dilepas. Di dalam Yesus Kristus kita memperoleh kebahagaiaan yang abadi.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...