Selasa, 19 Maret 2019

JANGAN LEPASKAN IMANMU

JANGAN LEPASKAN IMANMU

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Rabu, 20/03/2019

Ibrani 10:35 (TB)  Sebab itu janganlah kamu melepaskan kepercayaanmu, karena besar upah yang menantinya.

Hebrews 10:35 (RSV)  Therefore do not throw away your confidence, which has a great reward.

Melepaskan iman kepercayaan seseorang lazim kita sebut "murtad". Dalam kekristenan murtad sama dengan menyalibkan Kristus kedua kali sebagaimana dituliskan dalam Ibrani 6:6 (TB)  "namun yang murtad lagi, tidak mungkin dibaharui sekali lagi sedemikian, hingga mereka bertobat, sebab mereka menyalibkan lagi Anak Allah bagi diri mereka dan menghina-Nya di muka umum."

Di Indonesia berbicara murtad ini agak sensitif, karena sudah ada UU tentang penyiaran agama. Namun harus diakui UU penyiaran agama tak dapat mengatur hak personal yang memahami agama sebagai pilihan.  Di kalangan muslim Indonesia misalnya orang berbalik dari agama lain masuk ke Islam disebut dengan muallaf. Komunitas ini memiliki organisasi yang melakukan missi. Di kalangan Kristen ada juga yang masuk menjadi Kristen baik itu karena perkawinan, pilihan, dan keputusan pribadi dll. Hal menarik dalam kekristenan masuk menjadi Kristen tidak ada istilah yang khusus semuanya menjadi saudara di dalam Yesus Kristus, anak-anak Tuhan dan menjadi anggota keluarga Allah. Selengkapnya dikatakan Efesus 2:19 (TB)  Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah.

Renungan hari ini mengajarkan agar orang yang menerima Yesus sebagai Yuruselamt pribadi tidak melepaskan kepercayaan. Itu milik yang berharga harus dipertahankan. Seperti perumpamaan Tuhan Yesus, bahwa Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang berharga atau mutiara yang berharga.
 Matius 13:44-46 (TB)  "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang, yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi. Oleh sebab sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu. Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, ia pun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu."

Ajaran ini menegaskan kita telah menemukan apa yang paling berharga dalam hidup ini, yaitu keselamatan di dalam Yesus Kristus, Dialah jalan, kebenaran dan hidup (Yoh 14:6), barang siapa yang percaya kepadaNya tidak akan binasa melainkan beroleh hidup yang kekal (Yoh 3:16). Inilah harta yang paling berharga dalam hidup orang percaya, suatu jaminan keselamatan. Itu melebihi apapun di dunia ini. Karena itu jangan sekali-kali melepaskannya.

Apa jadinya jika melepaskan iman kepercayaan? Kita kehilangan upah besar dan yangnpaling berharga dalam hidup.  Matius 16:26 (TB)  "Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya?"

Renungan ini memerintahkan jangan lepaskan iman kepercayaanmu yang dibangun diatas keyakinan yang teguh. Karena besar upah orang yang setia di dalam Tuhan; yaitu mahkota kehidupan yang kekal. Jangan gadaikan imanmu karena ketika tergadai kehidupan dan bahagia selamanya bukan lagi milik saudara.

Sahabat yang baik hati! Jangan lepaskan kepercayaanmu, prinsip yang kokoh bagi orang percaya. Kita menerima Kristus dan berjanji setia sampai maranatha. Hal sederhana saja dalam hidup kita, bagaimana jika seseorang memberikan kepercayaannya kepada kita dengan memberikan pekerjaan strategis bagi kita, namun kita tidak memeliharanya dengan baik maka kepercayaan itu cabut dari anda. Demikian dengan iman, kalau kita melepaskannya karena tidak tahan menderita, menggadaikan iman dengan jabatan dan kedudukan sesungguhnya telah melepaskan apa yang paling berharga dalam hidup ini..

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...