Senin, 11 Maret 2019

DOMBA 3 M

DOMBA 3 M

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari jni untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita dalam beraktifitas. Selasa, 12/04/2019

Yohanes 10:27 (TB)  Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,

John 10:27 (RSV)  My sheep hear my voice, and I know them, and they follow me;

Membaca "3 M" mungkin otak kita langsung apakah ada domba seharga 3 Millyard?  Angka yang sangat fantastis bagi kalangan umum masyarakat Indonesia bisa-bisa jadi semua mau peternak.  3 M ini bukanlah nilai uang tetapi singkatan dari Mendengar, Mengenal dan Mengikut. Ketiga hal ini nilai yang dimiliki oleh seorang yang percaya kepada sang Gembala yang Baik.

Akulah gembala yang baik demikian Yesus memperkenalkan diri kepada murid-muridNya. Gembala yang baik akan memberikan nyawanya untuk menyelamatkan kawanan domba gembalaannya. Yohanes 10:11 (TB)  Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya;

Gembala yang baik akan menuntun seluruh domba gembalaannya ke rumput hijau, air yang tenang, menjaga dari serangan serigala, membalut yang luka dan mencari yang sersesat serta membawanya kembali ke kandang masing-masing. Gembala yang baik akan mempersembahkan hidupnya demi gembalaanNya. Itulah yang dilakukan oleh Yesus datang ke dunia ini: menyerahkan nyawanya demi menyelamatkan dan menebus kita orang berdosa.

Gembala yang baik mengharapkan domab-dombanya yang baik pula, mau dituntun, dibimbing dan diarahkan sehingga tak tersesat dan tercerai berai oleh serigala pemangsa. Kita bersyukur mengenal Yesus sang gembala yang baik dan kita adalah kawanan domba.

Sebagai kawanan domba yang baik ada tiga hal yang harus dimiliki oleh orang percaya sebagai domba gembalaan Tuhan Yesus Kristus. Ketiga hal ini ini sekaligus menjadi tiga tahapan menjadikan kita menjadi murid Tuhan Yesus.

1. Mendengar:
Mendengar adalah indera penerima pesan dalam diri manusia. Jika terganggung pendengaran maka sulit untuk diarahkan, diajak dan dituntun. Dengan mendengar kita mengetahui, aba-aba atau perintah. Suara sang Gembala akan memanggil donba-dombanya agar dituntun kepada padang rumbut hijau. Demikianlah orang percaya harus mau mendengar suara Tuhan Yesus yang senantiasan bersei dan menggil nama kota satu-persatu untuk melakukan kehendak Allah.   Dapat kita bayangkan bagaimana domba yang tak mau menuruti suara gembalanya dia tak akan menadapat rumput hijau malah tersesat dan bisa menjadi sasaran predator.

2. Mengenal: jika kita mengenal seseorang pasti kita mengenal suaranya. Nomor yang tidak tercantum namanya di hp anda pasti anda bisa menebak suara siapa yang menelpon anda. Itulah contoh kekuatan mendengar.  Dengan mendengar kita mengenal suara seseorang. Demikianlah orang percaya di dunia ini, begitu banyak suara yang lewat di telinga menggoda, merayu dan membujuk kita agar meninggalkan imannya bahkan dengan janji-janji. Dalam semua itu sebagai murid harus bisa membedakannya mana suara dunia yang menyesatkan dan mana suara sang gembala agung yang menuntun kita kepada keselamatan. Domba yang baik akan selalu.mendengar dan mengenal suara Tuhan Yesus. Dialah  Yuruselamat dunia yang diutus Allah menyelamatkan manusia dari dosa.

3. Mengikut:
Mendengar dan mengenal tak cukup, tetapi harus mengambil keputusan untuk mengikut Tuhan Yesus. Lagu lama ini sering kita dengar: mengikut Yesus keputusanku, mengikut Yesus keputusanku, mengikut Yesus keputusanku. Kutak ingkar, ku tak ingkar.

Sahabat yang baik hati ketiga hal dan tahapan inilah yang harus dimilikiIi oleh seorang murid Tuhan Yesus: mendengar, mengenal dan mengikut Tuhan Yesus. Tanpa ketiga hal ini kita tidak dapat nenjadi muridNya sebagaimana telah dikatakan oleh Tuhan Yesus: Matius 16:24 (TB)  Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.

Sahabatku, Tuhan memberikan kekuatan bagi kita mengikut Tuhan Yesus dan memberkati kita dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...