Selasa, 12 Maret 2019

MENGENAKAN MANUSIA BARU

MENGENAKAN MANUSIA BARU

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggjnakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Rabu, 13/03/2019

Efesus 4:24 (TB)  dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.

Ephesians 4:24 (RSV)  and put on the new nature, created after the likeness of God in true righteousness and holiness.

Keindahan baju baru tidak akan tampak jika baju lama masih melekat di tubuh. Contoh itu mungkin relevan dengan pandangan Paulus menjelaskan manusia baru. Di dalam Tuhan Yesus Kristus  orang sudah harus menanggalkan manusia lama dan mengenakan manusia baru.

Mengenakan manusia baru berarti bersedia meninggalkan manusia lama. Istilah yang dipakai oleh Paulus adalah: "sebelum mengenal Allah". Masa ini mereka hidup dalam kegelapan, menyembah berhala dan percaya kepada dewa yang dianggap memberikan kehidupan. Satu berhala yang sangat terkenal di Efesus adalah penyembahan berhala perempuan bernama Dewa "Artemis" atau disebut juga "diana". Digambarkan sebagai perempuan yang berbuah dada banyak, yang dipahami sebagai dewa yang memberikan kesuburan. Patung ini dianggap jatuh dari langit.  Penyembahan terhadap dewa ini menjadi tradisi yang terbangun di dalam masyarakat Efesus. Bagi Paulus orangbhang masih mengikuti praktek penyembahan kepada Artemis adalah kecemaran. Segala praktek lama hang menyimpang dari kehendak Allah harus ditinggalkan.

Inilah yang menjadi sorotan Paulus:  Mengenakan Hidup Baru adalah hidup yang mengenal keselamatan Allah di dalam Kristus dan memiliki semangat dan keinginan mewujudkan kehendak Allah dalam hidup. memperbaiki kelakuan dengan meninggalkan cara hidup orang yang tidak mengenal Allah. Dengan demikian di dalam masyarakat mereka harus berubah, menjadi sesuatu yang baru yang tidak seturut dengan dunia. Tradisi-tradisi lama yang dipraktekkan masyarakat harus ditinggalkan karena tidak sesuai dengan kehendak Allah.

Mengenakan manusia baru adalah pembaharuan hidup, yang dirubah dan ditransformasikan dari manusia lama menjadi ciptaan baru. Seorang yang telah mengenal Kristus harus menanggalkan manusia lama yang menemu kebinasaan oleh nafsu yang menyesatkan supaya dibaharui di dalam Kristus. Selengkapnya Paulus mengatakan: "dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya." (Efesus 4:24).

Ada tiga hal yang harus dipahami dan dihidupi oleh seorang yang telah menerima Kristus, yaitu:
1. Diciptakan menurut kehendak Allah: manusia harus memahami dan mengerti kehendak Allah. Kita mengenal kehendak Allah dari hukumNya, dari Firman yang disampaikan oleh para nabi dan sebagaimana tertulis dalam kitab suci.
2. Hidup dalam Kebenaran: manusia diberi hati nurani dan moral, dengan demikian manusia dituntun untuk melakukan kebenaran. Di dalam nurani dan moral manusia mengetahui mana yang seharusnya dilakukan dan mana yang tidak seharusnya di lakukan.
3. Memelihara Kekudusan; menjaga diri dari segala kecemaran, pengejaran hawa nafsu dengan perjinahan adalah tindakan  mencemarkan diri. Memelihara kekudusan berarti menghargai hidup ini sebagai ciptaan baru di dalam Kristus. Memelihara kekudusan bukan hanya menyangkut dosa seksual semata, tetapi dalam seluruh totalitas kehidupan kita dalam ketaatan kepada Kristus

Sahabat yang baik hati! Bagaimana mungkin tampak keindahan pakaian baru kalau toh pakaian lama masih melekat di badan. Bukankah terlebih dahulu menanggalkan pakaian lama dan memakai pakaian baru maka akan terpancar warna dan motif pakean barunya. Lebih dari itulah orang yang menerima Yesus sebagai Yuruselamat dalam hidupnya. Segala praktek hidup manusia lama harus ditanggalkan dan memakai manusia baru.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...