Minggu, 10 Maret 2019

BERPAUT KEPADA TUHAN ALLAH

BERPAUT KEPADA TUHAN ALLAH

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Senin 11/03/2019

1 Raja-raja 8:61 (TB)  dan hendaklah kamu berpaut kepada TUHAN, Allah kita, dengan sepenuh hatimu dan dengan hidup menurut segala ketetapan-Nya dan dengan tetap mengikuti segala perintah-Nya seperti pada hari ini."

1 Kings 8:61 (RSV)  Let your heart therefore be wholly true to the LORD our God, walking in his statutes and keeping his commandments, as at this day."

Kata "berpaut"  terdapat 20 kali dalam Alkitab. Jika kita perhatikan konteks kalimatnya berupa ajakan pemimpin-pemimpin besar Israel kepada umat Allah agar mereka sungguh-sungguh mengikuti perintah Tuhan. Berpautlah kepada Tuhan Allah menuntut suatu keputusan di dalam berbagai pilihan hanya satu pilihan untuk mengikuti perintah Tuhan.  Berpaut kepada Tuhan Allah adalah pilihan kehidupan, sebaliknya berpaut kepada pilihan lain: keinginan diri dan ilah lain akan membawa umat tersesat di jalan.

Marilah kita perhatikan konteks ajakan berpautlah kepada Tuhan Allah. Kalimat ini disampaikan oleh tokoh-tokoh besar yang berpengaruh dalam Perjanjian Lama

Pertama Musa; Ulangan 4:4 (TB)  "sedangkan kamu sekalian yang berpaut pada TUHAN, Allahmu, masih hidup pada hari ini."
Pesan Musa ini disampaikan kepada banhsa Israel, jika mereka telah sampai kepada Kanaan, harus berpaut kepada Allah. Musa mengingatkan perjalanan mereka selama di padang gurun. Mereka telah menyaksikan penyertaan Tuhan dan mereka telah menyaksikan pula bagaimana murka Tuhan atas sungut-sungut dan pemberontakan mereka. Namun mereka yang berpaut kepada Tuhan Allah dipelihara, dijagai dan dilindungi dari segala tantangan yang mereka hadapi di dalam perjalanan gurun. Dalam konteks ini berpaut kepada Tuhan Allah adalah pilihan hidup yang berjalan dalam pemeliharaan Tuhan.

Kedua Yosua: Yosua 23:8 (TB)  Tetapi kamu harus berpaut pada TUHAN, Allahmu, seperti yang kamu lakukan sampai sekarang.
Yosua adalah pemimpin besar bagi orang Israel menggantikan Musa. Jika Musa memimpin Israel dari Mesir dan 40 tahun di Padang Gurun  serta menghantarkan bangsa Israel ke perbatasan Kanaan. Selanjutnya Yosua dipilih Tuhan untuk memimpin bangsa Israel menahlukkan dan menguasai tanah Kanaan dan dibagi menurut kedua belas suku.
Di Kanaan mereka telah memiliki tanah, ladang sendiri dan akan menikmati berbagai kemakmuran dari tanah Kanaan yang penuh susu dan madu. Kala itu mereka harus tetap berpaut kepada Tuhan Allah. Jika memperoleh kemakmuran jangan lupa akan Tuhan. Di Kanaan mereka akan melihat bagaimana orang asing menyembah baal dan dewa kesuburan. Tetapi mereka harus Berpaut kepada Tuhan Allah agar mereka hidup teguh nan jaya.

Ketiga adalah Salomo: sebagaimana dikutip dalam renungan hari ini 1 Raja-raja 8:61 (TB)  "dan hendaklah kamu berpaut kepada TUHAN, Allah kita, dengan sepenuh hatimu dan dengan hidup menurut segala ketetapan-Nya dan dengan tetap mengikuti segala perintah-Nya seperti pada hari ini."
Pesan ini disampaikan oleh Salomo ketika acara pentahbisan Bait Allah. Sebagaimana kita tahu, pembangunan Bait Allah telah dicita-citakan sejak ayahnya Daud namun baru terwujud pada masa Salomo. Pada peresmian Bait Suci,  Salomo menyampaikan ajakan kepada seluruh bangsa Israel harus menunjukkan kesetiaan dengan berpaut kepada  Tuhan Allah dengan  berdoa dan beribadah di Bait Allah.

Sahabat yang baik hati! Berpaut kepada Tuhan Allah adalah suatu keputusan dari orang yang percaya memilih Tuhan Allah Israel yang menuntun, memelihara dan memberkati umatNya. Hal sama kini Firman ini mengajak kita kini agar berpaut kepada Tuhan  Allah. Jauhlan berhala atau ilah lain berbentuk apapun itu yang menduakan Tuhan dalam hidup kita. Dengan berpaut kepada Tuhan Allah kita akan memperoleh kehidupan.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...