Kamis, 28 Februari 2019

DIPILIH DAN DITETAPKAN UNTUK MENGHASILKAN BUAH

*DIPILIH DAN DITETAPKAN UNTUK BERBUAH*

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenhngkan firman Tuhan  sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Kamis 01/03/2018

Yohanes 15:16 (TB)  Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.

John 15:16 (RSV)  You did not choose me, but I chose you and appointed you that you should go and bear fruit and that your fruit should abide; so that whatever you ask the Father in my name, he may give it to you.

Aktifitas kita sehari-hari tidak terlepas dari memilih. Lihatlah misalnya ibu-ibu pergi ke pasar pasti memilih barang belanjaan yang diasukai dari sekian banyak stok barang yang tersedia di pasar. Saat anda jalan menuju pekerja pasti memilih transportasi yang tepat anda gunakan; pilhan ada, naik mobil berjuang dengan macet, gojek, kereta dll. Seorang petani pasti memilih bibit terbaik untuk ditanam diladangnya dan berharap akan buah melimpah ketika panen. Tak heran sampai ada orang mengatakan hidup ini adalah pilihan. Baiklah itu kita terima sebagai suatu realitas bahwa manusia harus memilih apa yang tepat baginya. 

Hari ini kita diingatkan oleh firman Tuhan tentang pilihan. Yesus bersabda bahwa bukan kita yang memilih Tuhan Yesus sebagai Yuruselamat kita, tetapi Tuhan Yesus sendirilah yang memilih dan menetapkan kita ikut menerima keselamatan. Pemilihan dan penetapan Allah harus kita respon di dalam iman. Kita dipilih dan ditetapkan tentu ada pula rencana Tuhan dalam hidup ini. Karena dari sekian banyak penduduk di dunia ini mengapa kita ikut dipilih dan ditetapkan menjadi pengikut Yesus? Harus kita sadari itu adalah bahagian dari rencana Tuhan yang memilih dan menetapkan kita menjadi anak-anakNya.

Pemilihan dan penetapan Tuhan  dalam kontems nas renungan hari ini berkaitan dengan pengajaran Tuhan Yesus hal pokok anggur yang benar. Kita dipilih dan ditetapkan oleh Allah sebagai ranting pohon anggur  untuk menghasilkan buah yang baik. Berbuah berarti menghasilkan sesuatu yang dapat dinikmati oleh orang lain. Pohon berbuah bukan untuk dirinya sendiri tetapi untuk orang lain.  Melalui panggilan dan penetapannya ada maksud dan rencana Allah dalam hidup kita. Kita dipanggil dan ditetapkan bukan karena hebat atau karena kualitas personal kita. Tetapi semata-mata otoritas Allah; Allah hendak memakai apa yang ada pada kita untuk melakukan kehendak Allah. Allah sendiri yang memilih kita.

Bukan kamu yang memilih Aku. Keselamatan yang kita terima bukanlah pilihan atau usaha kita tetapi merupakan pilihan dan ketetapan.  Allah memilih dan menetapkan kita menjadi umat pilihanNya di dalam diri Yesus Kristus.   Pilihan dan ketetapan itu bukan karena potensi dan keberadaan kita. Namun dalam keberadaan kita apa adanya Tuhan hendak memakai kita. Panggilan ketetapan itu diberi tugas  yaitu menghasilkan buah. Allah memberikan talent dan berbagai karunia kepada orang percaya. Buah yang dikehendaki Allah dari umat pilihannya bukankah kebutuhan sesaat atau kepentingan picisan. Tetapi hendak menghantarkan agar melalui pelayanan umat percaya setiap orang memiliki kehidupan yang kekal.

Sahabatku yang baik hati, marilah kita sadari pemilihan dan petetapan Tuhan dalam hidup kita masing-masing. Kita telah ditetapkan menjadi bahagian yang mewarisi keselamatan  dan kehidupan yang kekal. Sebagai umat pilihan, Tuhan menghendaki kita menghasilkan buah yang ranum dan manis. Itu berarti dalam setiap kesempatan mari jadikan hidup ini memproduksikan hal-hal yang berguna dan membangun bagi sesama. Apapun talent dan potensi dalam diri kita ini adalah anugerah dan kesempatan. Tuhan menghendaki kita untuk mempersembahkannya menjadi kemuliaan Allah.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan  segala kebaikan.  Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus menyertai kita semua. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...