Jumat, 22 Februari 2019

CARILAH DAHULU KERAJAAN ALLAH

CARILAH DAHULU KERAJAAN ALLAH

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita dalam beraktifitas. Sabtu, 23/02/2019

Matius 6:33 (TB)  Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Matthew 6:33 (RSV)  But seek first his kingdom and his righteousness, and all these things shall be yours as well.

Matius 6:33 merupakan salah satu ayat yang sangat populer dikalangan Kristen. Jika dibuat semacam survey ayat ini merupakan ayat yang hampir rata-rata diketahui oleh orang Kristen. Nas ini pendek dan mudah dihapal, bernas, peringatan yang sejuk mencari Tuhan dan berisi janji.

Sesungguhnya nas ini merupakan kesimpulan atas penjelasan Yesus menjawab kekuatiran para murid dan setiap orang. Siapapun kita pasti memiliki kekuatiran: kuatir akan keberlangsungan hidupnya, kuatir akan kenyamanan hidupnya dan kuatir akan masa depannya dan segala kemungkinan yang akan menimpa hidup ini. Jika kita sama-sama memiliki kekuatiran, apa yang membedakan murid-murid Tuhan Yesus yang mengenal Allah dengan orang yang tidak percaya mengelola dan menjawab kekuatiran itu. Disinilah Yesus memberikan pegangan yang sangat berharga.  Yesus mengatakan kita harus berbeda sebagaimana disebutkan Matius 6:32 (TB)  Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu.

Yesus menjelaskan beda orang yang mengenal Allah menjawab kekuatiran. Bangsa-bangsa mengelola dan menjawab kekuatirannya dengan terlebih dahulu mencari kebutuhan dan memenuhi keinginan: apa yang mereka makan, sandang dan papan yang tersedia serta kebutuhan lainnya. Pertanyaan selanjutnya jika itu sudah tersedia apakah sudah selesai kekuatirannya? Tidak ada batasan kebutuhan dan keinginan manusia dari keinginan daging yang melekat pada diri manusia. Tercapai yang satu, kebutuhannya akan meningkat dan seterusnya.  Maka disinilah Yesus memberikan pengajaran untuk mengutamakan mencari Kerajaan Allah dan kebenarannya. Inilah mendasari kita untuk berpikir dan menilai apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan kita. Anak-anak Tuhan akan memakai persfektif Kerajaan Allah untuk mencari dan memenuhi kekuatiran dalam hidup.

Harus diingatkan, Matius 6:33 ini bukanlah rumus Alkitabiah untuk mencapai hidup yang berkelimpahan sebagaimana dikembangkan oleh teologi sukses (kemakmuran). Mencari Tuhan untuk mendapatkan kelimpahan hidup. Jika demikian bisa saja nanti orang akan kecewa, karena bisa saja terjadi orang yang telah dekat kepada Tuhan, memberikan kewajiban agama, memberikan perpuluhan dan mengabdikan diri namun hidupnya dirundung masalah, kerugian, gagal dan pasang surut kehidupan ini? Bisa-bisa kita jadi menghukum diri sendiri dan menyalahkan diri sendiri. Mengapa hidup saya begini padahal saya sudah melakukan ini dan itu seturut kehendak Tuhan.

Pesan Yesus yang menegaskan kepada kita:  Carilah dahulu Kerajaan Allah serta kebenarannya, maka semua itu akan ditambahkan kepadamu. Ini adalah perintah Tuhan Yesus untuk mengutamakan Kerajaan Allah itu yang utama suatu kepastian hidup di dalam keselamatan dan dari perfektif Kerajaan Allah kita memandang kehidupan ini.

Nas ini bukan pula anti kemakmuran, namun mengaskan kemakmuran dan kesejahteraan hidup adalah anugerah Tuhan yang memberkati pekerjaan kita.  Oleh karena itu bekerjalah dan lakukan yang terbaik menurut kehendak Allah. Selanjutnya urusan Tuhan yang akan memberkati apa yang kita kerjakan.

Sahabat yang baik hati! Mendahulukan Kerajaan Allah dalam hidup ini mengingatkan kita akan makna kehidupan. Hidup ini adalah anugerah yang Tuhan berikan bagi kita. Maka  jangan kuatir tentang apapun juga, tetapi jalanilah seturut dengan kehendakNya. Mari temukan kehendak Allah dalam susah dan senang atau kekurangan dan kelebihan.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...