Kamis, 14 Februari 2019

AKU TIDAK GOYAH

AKU TIDAK GOYAH

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan senagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita dalam beraktifitas, Jumat 15/02/2019

Mazmur 16:8 (TB)  Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.

Psalms 16:9 (RSV)  I keep the LORD always before me; because he is at my right hand, I shall not be moved.

Ibarat seorang yang akan mendaki gunung, demikian pemazmur ini menggambarkan perjalanan hidupnya. Jalan yang dia lalui memiliki resiko tinggi, licin dan terjal, salah sedikit nyawa menjadi taruhannya. Jika mental tidak kuat maka sudah akan undur dan tak m7au menjalaninya.  Bagaimanakah pemazmur menjalani hidup yang sulit ini?  Tantangan harus dijalani, tidak ada perjalanan yang tidak punya tantangan. Disinilah Mazmur ini berbagi pengalaman dengan kita yang mau belajar dari Firman. Ada dua istilah yang menarik yaitu memandang Tuhan dan menjadikan Tuhan di sebelah kanannya. Ini berarti kekuatan dalam menjalani semua bersandar pada pertolongan Tuhan dan menjalani semua ini adalah dalam penyertaan Tuhan.

"Aku memandang kepada Tuhan". Dalam teks bhs Inggris disebut "before me", berarti di hadapan atau di depan. Ini dekat dengan Teks Bahasa Batak: "tu jolongku". Berarti bagi pemazmur Tuhan itu berada di depan atau dihadapannya. Jika Tuhan i depan berarti itu bahwa Tuhan adalah tujuan perjalanan pemazmur. Ini juga bisa berarti bahwa Tuhan mendahului perjalannnya.  Ke hadapan Tuhan ini juga memiliki arti bahwa pemazmur melapor dan menyampaikan apa yang terjadi pada hidupnya semuanya disampaikan kepada Tuhan. Tuhan adalah sumber pertolongan dalam hidupnya.

Tuhan di depan,  namun pada saat yang sama Pemazmur mengatakan bahwa Tuhan itu berdiri "di sebelah kananku." Berdiri di sebelah kanan berarti bersama-sama dengan yang utama, pelindung dan pemelihara yang di sebelah kirinya. Sudah menjadi protokol umum, jika dua pemimpin berdiri, maka pemimpin yang utama itu di sebelah kanan. Jika berdiri tiga orang berarti dia akan berada di tengah. Jika Mazmur ini menyebutkan Allah berdiri di sebelah kanan berarti Tuhan adalah yang utama dan pelindungnya. Keberadaan Tuhan di kanan sekaligus menyakinkan bahwa dia dalam posisinya aman dan terlindung.

Menjadikan Tuhan disebelah kanan, ini juga berarti bahwa menjadikannTuhan sebagai pendamping yang menuntun dan menyertai perjalannya.  Ibarat navigator yang senantiasa memberi petunjuk kemana tujuan perjalanan. Demikianlah pemazmur menjadikan Tuhannl petunjuk jalan yang akan di laluinya.

Lebih dalam akan arti Tuhan di depan dan di sebelah kanan! Hal inilah yang membuat pemazmur berdiri kokoh menghadapi tantangan dan melanjutkan kehidupannya.  Pengakuan dan kesaksian pemazmur ini sekaligus memberikan penjelasan yang luas akan makna penyertaan Tuhan dalam hidup orang percaya. Tuhan adalah tempat kita mengadu dan menyampaikan apa yang ada di dalam hati kita. Tuhan itu senantiasa bersedia dijumpai, Tuhan tidak pernah menutup diri atas setiap orang yang datang menyampaikan seruan meminta tolong.

Sahabat yang baik hati! Renungan hari ini menjadi motivasi hang berharga bagi kita dalam menjalani aktifitas. Mungkin ada diantara kita merasakan peluang bisnisnya semakin sempit, atau beban kerjanya semakin memberatkan atau kebahagiaan semakin jauh dari perjalanan hidupmu. Sekarang salam berbagai aktifitas yang kita kerjakan: mari menjadikan Tuhan di depan sebagai tujuan dan sekaligus sumber pertolongan dalam melakukan aktifitasnya. Berdoalah akan penyertaan Tuhan, seberat apapun beban hidup yang kita jalani, bersama Tuhan kuk yang kita pikul enak dan ringan dan berlimpah suka cita. Ingatlah jangan sampai sukacita kita hilang karena beban, jadikan Tuhan penolong dan pendamping.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...