Rabu, 13 Februari 2019

HANYA PADA TUHAN ADA KESELAMATAN

HANYA PADA TUHAN ADA KESELAMATAN

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi dalam beraktifitas. Kamis, 14 Feb 2019

Yeremia 3:23 (TB)  Sesungguhnya, bukit-bukit pengorbanan adalah tipu daya, yakni keramaian di atas bukit-bukit itu! Sesungguhnya, hanya pada TUHAN, Allah kita, ada keselamatan Israel!

Jeremiah 3:23 (RSV)  Truly the hills are a delusion, the orgies on the mountains. Truly in the LORD our God is the salvation of Israel.

Budayawan Indonesia menemukan salah satu dari sekian banyak ciri masyarakat Indonesia adalah percaya kepada tahyul atau hal-hal nujum atau perdukunan atau dalam bahasa Alkitab ini adalah berhala. Jika diteliti lebih mendalam mengapa orang pergi ke berhala? Setidaknya ada dua hal, pertama: dalam kesesakannya ia ingin mencari jalan keselamatan. Ada kesulitan yang dialami seperti sakit, kesesakan, pergumulan hidup dll kesesakan seperti itu ingin mencari keselamatan. Kedua, ingin memperoleh kekayaan dan kemujuran. Ada banyak praktek bahkan iklan dalam media massa yang menawarkan seperti ini: pingin dapat keturunan, kekayaan, sukses usaha, dapat jabatan dll. Dukun pedagang kesuksesan padahal dibelakangnya adalah tipu muslihat. Anehnya, sekalipun sudah banyak korban penipuan atas berhala semacam itu di jaman now ini masih banyak praktek perilaku seperti ini. Inilah tantangan bagi Anak-anak Tuhan di Indonesia. Anak-anak Tuhan harus melawan praktek seperti itu, karena keselamatan dan berkat hanya ada pada Tuhan. Sekalipun ramai bukit-bukit pengorbanan dengan bacaan-bacaan doa,  pemujaan dan korban-korban semuanya itu adalah berhalangan yang harus dilawan dan ditinggalkan

Hal ini juga yang dilawan oleh Yeremia dalam masa pelayanannya. Kerajaan Yehuda mengalami kesulitan menghadapi tekanan dan ancaman Babilonia, sementara Israel Utara sudah ditahlukkan oleh Assyur. Maka pemerintah khususnya raja Zedekia, dalam mencari kekuatan melawan Babelonia  melakukan suatu kerjasama Yehuda dengan  koalisi dengan Mesir dan Assyur. Inilah yang tentang oleh Yeremia Yeremia 2:18 (TB)  Dan sekarang, apakah untungmu untuk pergi ke Mesir, hendak meminum air sungai Nil? Dan apakah untungmu untuk pergi ke Asyur, hendak meminum air sungai Efrat?
Membangun koalisi seperti ini sama artinya membuka lebar-lebar akan berhala dan baal di tengah-tengah umat Allah.

Bagi Yeremia tindakan Yehuda yang meninggalkannm Tuhan disamakan dengan perzinahan dalam keluarga. Seornag perempuan meninggalkan suaminya dan pergi dengan yang lain. (Baca Yeremia 3:1-2). Demikian Tuhan tidak mau diduakan, itulah sebabnya Yeremia sangat gigih melawan koalisi Yehuda terhadap Mesir dan Assyur dan berbagai tindakan yang mendatangkan berhala di tengah-tengah umat Allah. Berhala adalah bukti ketidak percayaan kepada Tuhan. Bagi Yeremia, berhala adalah penipuan dan tipu daya. Tidak ada keselamatan di luar dari Allah Israel.

Sejarah perjalanan bangsa Israel dan dalam kehiduoan orang percaya telah terbukti bahwa keselamatan bagi Israel hanya ada dan bersumber daripada Tuhan. Tidak ada kealselamatan di luar dari Tuhan. Itu sudah mereka alami: bagaimana mereka keluar dari perbudakan Mesir, selamat perjalanan di padang gurun sampai memasuki tanah Kanaan. Tuhan memelihara hidup bangsa Israel menjadi bangsa yang besar. Demikian dengan pengalaman tokoh-tokoh alkitab sepeti Nuh, Ayub, Daud dll semuanya mengandalkan dan menyaksikan bahwa keselamatan hanya ada pada Tuhan Allah Israel.

Sahabat yang baik hati! Keselamatan, berkat dan kemujuran hanya ada pada Tuhan, Dia yang menciptakan dan memelihara hidup kita, Dia yang memiliki segala apa yang ada di dunia ini dan percayalah keselamatannhanya dari Tuhan. Jika kita tersesak jangan berputus asa, tetaplah percaya dan setia menantikan pertolongan Tuhan. Dia sanggup melakukan sesuatu melebihi apa yang kita pikirkan.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...