Jumat, 15 Februari 2019

KESELAMATAN HANYA DI DALAM YESUS KRISTUS

KESELAMATAN HANYA DI DALAM NAMA YESUS KRISTUS

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita dalam beraktifitas. Sabtu, 16/02/2019

Kisah Para Rasul 4:12 (TB)  Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

Acts 4:12 (RSV)  And there is salvation in no one else, for there is no other name under heaven given among men by which we must be saved."

Ajaran "no other name" ibarat harta yang terpendam dan mutiara yang berharga di berbagai ajaran yang menawarkan jalan keselamatan.  Tidak ada nama lain yan diberikan kepada manusia yang olehnya kita selamat. Dalam pandangan kekristenan ajaran ini merupakan hal mendasar yang membedakan keyakinan keristenndengan keyakinan lain di dunia ini. Dalam perfektif kekristenan: Yesus Kristus adalah finalitas ajaran keselamatan. Ajaran yang memberikan kepastian akan ajaran keselamatan hanya ada di dalam Yesus Kristus.

Kita bersyukur mengenal ajaran Alkitab karena kita menemukan suatu rahasia keselamatan. Yesus Kristus adalah Anak Allah, yang datang ke dunia ini; disalibkan mati dan dikuburkan namun dibangkitkan oleh Allah. Kebangkitannya menebus manusia dari dosa dan maut. Pemberitaan tentang kematian dan kebangkitan Kristus terus diberitakan oleh murid-murid. Mereka tidak takut terhadap siapapun baik oleh mahkamah agama atau oleh penguasa, tekanan yang ringan hingga ancaman martyr mereka tetap berdiri kokoh dalam ajaran keselamatan hanya di dalam nama Yesus Kristus.

Kesaksian ini disampaikan oleh Rasul Petrus dan Yohanes dihadapan Mahkamah agama Yahudi. Petrus dan Yohanes dipenuhi Roh Kudus. Ini penting hanha oleh bimbingan Roh Kuduslah murid-murid mampu menyampaikan iman dan kesaksiannya tentang keselamatan hanya di dalm Yesus Kristus.

Keutamaan Kristus juga kita temukan dalam Injil Yohanes 14:6 (TB)  Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
Ajaran ini memberikan kepastian tidak ada jalan lain agar sampai ke Bapa, hanya melalui Yesus Kristus.

Yesus Kristus memenuhi keselamatan itu dengan mengambil rupa seorang hamba. Dia datang ke dunia untuk mencari dan menyelamatkan kita yang tersesat karena dosa. Jikalau kita melanjutkan jalan ini tentu akan berakhir kepada kematian dan maut selama-lamanya. Syukurlah kepada Allah yang mengutus anakNya yang tunggul agar kita beroleh keselamatan. Keselamatan ini hanya ada di dalam Nama Yesus Kristus, hingga Dia rela menderita dan hingga mati di kayu salib karena pelanggaran kita.

Bagi Paulus, ketaatan Kristus di dunia ini melaksanakan missi Allah menyelamatkan manusia diuraikan dalam Filipi 2:9-11 (TB)  Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa

Sahabat yang baik hati! Setiap orang membutuhkan keselamatan dalam hidupnya. Keselamatan dari kesesakan dan beban hidup yang menimpa kita. Pernah seorang kepala penjara di Filipi hendak bunuh diri karena merasa gagal menjaga Paulus dan Silas di penjara. Malam itu ada gempa sehingga seluruh gembok penjara terbuka, maka  Paulus dan Silas dapat keluar dari penjara. Paulus menegornya agar jangan mengakhiri hidupnya, maka diapun bertanya apakah yang harus kuperbuat? Kisah Para Rasul 16:31 (TB)  Jawab mereka: "Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu."
Mari tetap kokoh berdiri diatas ajaran Yesus Kristus yanga adalah jalan keselamatan yang diberikan Allah bagi orang yang percaya.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...