Senin, 04 Februari 2019

DIPIMPIN ROH ALLAH

DIPIMPIN ROH ALLAH

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi dalam beraktifitas. Selasa, 05/02/2019

Roma 8:14 (TB)  Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.

Romans 8:14 (RSV)  For all who are led by the Spirit of God are sons of God.

Dalam pandangan kekristenan, hari lahirnya gereja dihitung sejak hari Pentakosta atau hari ke lima puluh dihitung setelah kebangkitan Yesus Kristus. . Apa artinya, adanya persekutuan orang percaya (baca "gereja") adalah karya dan pekerjaan Roh Kudus. Roh Kudus bekerja memanggil setiap orang sehingga mengenal Yesus Kristus, membimbing dan menghibur orang percaya sampai kedatangan Yesus Kristus dan  melawan keinginan daging serta kekuatan melahirkan buah-buah roh.

Dalam Alkitab sebutan Roh Allah, Roh, Roh Kudus sering muncul. Jika kitab telurusi maknanya sama yaitu merujuk kepada Pribadi Allah yang adalah Roh.  Allah adalah Roh, dan Dia bekerja dalam bentuk Roh. Karena Allah adalah Roh tidak mungkin kita melihat Allah dengan mata kepala kita sendiri, tetapi demgan mata iman.

Roh Kudus sesungguhnya telah berdiam di dalam diri orang percaya. Kita semua orang yang percaya telah menerima Roh Kudus di dalam diri kita masing-masing melalui baptisan. Kita telah dimateraikan di dalam nama Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus. Roh Kudus menyertai, membimbing dan menghibur umatNya hingga kedatangan Yesus Kristus.

Renungan dipagi ini menyampaikan pesan yang sangat bermakna tentang peran Roh Kudus bagi orang percaya yang memimpin kita menjadi anak-anak Allah:

01. Roh Kudus membimbing kita menjadi anak-anak Allah. Anak - anak Allah, sehingga kita berseru kepada Allah ya Abba, ya Bapa. Dengan bimbingan Roh Kudus kita semakin didorong menunjukkan jati dirinya sebagai anak-anak terang, yang menyinari sekitar dan pembawa damai bagi sekelilingnya

02. Roh Kudus membimbing kita untuk berpengharapan kepada kehidupan yang kekal. Roh Kudus menopang kita untuk yakin akan jaminan bagi kita sebagai ahli waris kerajaan Allah. Sebagai ahli waris,  kita ahli waris Kerajaan Allah kita semakin diberi kekuatan menanggalkan keingknan daging dan termotivasi menghasilkan buah-buah roh dalam kehiduoan ini.

03. Roh Kudus sumber kekuatan bagi orang percaya agar setia dalam memikul salib. Sekalioun banyak tantangan, hambatan dan penderitaan yang dijalani Roh Kudus meneguhkan orang percaya agar tetap setia di dalam penderitaan memikul salib. Mereka yang setia dalam penderitaan merekalah yang bersama-sama bersama Kristus dalam kemuliaan.

Sahabat yang baik hati, dengan renungan ini kita semua diingatkan kembali bahwa kita semua adalah Anak-anak Allah.  Biarkanlah Roh Kudus memimpi kehidupan kita menghasilkan buah-buah Roh (Galatia 5:22). Dipimpin oleh Roh Allah menguatkan kita me jadi Anak-anaknya yang melahirkan berbagai hal yang berdampak positip dan membangunan

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...