Rabu, 10 Oktober 2018

TUHAN MENDAMPINGI DAN MENGUATKAN

TUHAN MENDAMPINGI DAN MENGUATKAN

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Kamis, 11/10/2018

2 Timotius 4:17a (TB)  tetapi Tuhan telah mendampingi aku dan menguatkan aku, supaya dengan perantaraanku Injil diberitakan dengan sepenuhnya dan semua orang bukan Yahudi mendengarkannya.

2 Timothy 4:17a (RSV)  But the Lord stood by me and gave me strength to proclaim the message fully, that all the Gentiles might hear it.

Pendamping sangat menentukan dalam keberhasilan seseorang. Lihatlah seorang suami sukses pasti ada pendampingnya seorang isteri yang hebat. Kehadiran pendamping sangat penting: jika kita mengadakan wisata tour pendamping merupakan penunjuk jalan dan menjelaskan keunikan dari setiap yang kita jalani. Seorang pembalap butuh navigator untuk membimbingnya dalam lomba. Seorang yang menghadapi kasus hukum, membutuhkan advokad pendamping yang membantu dan menolong dia memberikan pembelaan atas kebenaran yang dimiliki. Tentu masih banyak lagi yang dapat kita sebutkan arti kehadiran seorang pendamping dalam kehidupan sehari-hari. Demikianlah Paulus dalam melaksanakan tugasnya memberitakan Injil ada dua hal yang yang disebutkan oleh Paulus yaitu Tuhan mendampingi dan menguatkan dia dalam segala tugas pelayannnya.

Tuhan mendampingi aku! Suatu pengakuan dari Paulus bahwa dalam segala perjalanan PI yang dilakukannya selalu didampingi Tuhan, bukan hanya itu tetapi kemana Paulus beranjak memberitakan Injil diarahkan oleh Roh Kudus dan termasuk mencegah dan melarang Paulus ke perjalanan tertentu ( Kisah Para Rasul 16:6 (TB)  Mereka melintasi tanah Frigia dan tanah Galatia, karena Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil di Asia.). Jadi dari seluruh pelayannya Paulus merasakan pendampingan Tuhan kemana dia harus melangkah, berangkat dari Yerusalem ke kota-kota non Yahudi: Antiokia, Asia Kecil sampai ke Eropa.
Paulus juga menghadapi tuduhan dan firnahan bahkanndiadili namun dalam menghadapi semua itu Paulus meraskaan Tuhan mendampinginya dalam segala keadaan. Dalam setiap situasi pun tidak takut tentang apa yang harus disampaikannya pada orang dan tidak takut menghadapi segala tantangan karena Tuhan mendampinginya.

Tuhan menguatkan aku! Paulus merasakan pertolongan Tuhan. Paulus sendiri seorang yang sakit, sudah berulang kali dia memohon kepada Tuhan akan menyembuhkannya. Namun dia sendiri menyerahkannya, kalau sakit yang dialami adalah kehendak Tuhan Paulus berpikir positip dengan mengatakan dalam kelemahanku aku menjadi kuat. 2 Korintus 12:9 (TB)  Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.

Demikian dengan menghadapi tantangan, Paulus berkata: Filipi 4:13 (TB)  Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

Sahabat yang baik hati!  Keberhasilan Paulus dalam melakukan semua perjalanan PI, kuat menghadapi kesulitan dan menyelesaiakan permasalahan yang terjadi di jemaat kuncinya adalah Tuhan mendampingi dan menguatkannya.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan kepada saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...