Kamis, 25 Oktober 2018

JAUHILAH BERHALA

*JAUHI BERHALA*

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah kita menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Jumat, 26/10/2018

Lukas 4:8 (TB)  Tetapi Yesus berkata kepadanya: "Ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!"

Luke 4:8 (RSV)  And Jesus answered him, "It is written, `You shall worship the Lord your God, and him only shall you serve.'"

Berhala adalah salah satu bahaya bagi kehidupan orang beriman. Berhala itu biasanya menjanjikan sesuatu apa yang hendak diperoleh dengan meniadakan Tuhan. Tak heran ada orang ingin kaya pake jimat-jimat dan menduakan Tuhan.  Tak heran ada orang mau meninggalkan imannya karena kuasa dan jabatan. Wujud berhala di jaman kini tentu berbeda-beda; jika dikaji banyak rupa-rupa berhala yang mempengaruhi kehidupan kita di jaman kini. Berhala adalah mempertuhankan di luar Tuhan.

Orang beriman harus melawan berhala. Hanya Tuhanlah yang kita sembah dan kepadanya kita berbhakti. Dari kisah pencobaan yang dialami Yesus sebagaimana diceritakan Injil Lukas, Matius dan Markus menunjukkan bahwa Iblis adalah raja penggoda yang mahir, memilikibskill marketing yang hebat, tahu keadaan manusia dan mengerti keinginan seseorang. Bukan hanya itu iblis sangat pintar mengutip ayat-ayat kitab suci untuk menyakinkan dan mempengaruhi orang berbalik dari Tuhan. Kitab suci sesungguhnya untuk menegquhkan dan menguatkan kita, tetapi Iblis memakai kitab suci untuk mempengaruhi orang meninggalkan imannya.

Ada tiga kali Yesus dicobai iblis, pertama ketika Yesus berpuasa, iblis membujuk agar Yesus menunjukkan kuasanya mengubah batu menjadi roti. Kedua, menjatuh dari menara Bait suci karena Tuhan akan mengutus malaikatnya menatang Dia agar kakinya tak terantuk dan ketiga, iblis membawa Yesus ke atas bukit dan menunjukkan kehebatan dan kemegahan kerajaan duniawi. Semua itu akan milikNya jika menyembahnya. Yesus memiliki dasar-dasar Alkitab yang kuat untuk melawan godaan. Gidaan pertama dijawab Yesus dengan manusia hidup bukan hanya dari roti (Ulangan 8:3). Pencobaan kedua dijawab oleh Yesus bahwa kita tidak boleh mencobatu Tuhan Allah (Ulangan 6:16) dan pencobaan ketika dijawab oleh Yesus sebagaimana dalam.nats renungan kita pagi hari ini dikutip dari Ulangan 6:13

Sahabat tang baik hati! Bagaimana Yesus menghadapi godaan iblis menjadi contoh bagi kita melawan godaan berhala di jaman now:
1. Lawanlah segala godaan dengan mengandalkan kekuatan firman Tuhan. Firman Tuhan menumbuhkan iman yang tahan uji dan  tangguh sehingga kita tidak mudah diperdaya rupa-rupa godaan dan siasat iblis.
2. Apapun yang terjadi dalam hidup ini, suka dan duka,  pujian dan tantangan, penderitaan dan bahagia tetaplah setia kepada Tuhan. Tak ada ilah lain yang memberikan kehidupan dan kebutuhan kita. Hanya Tuhan sumber kehidupan.
3. Sebagai anak-anak Tuhan kita hanya berbhakti kepada Tuhan. Maka mari pergunakan tubuh kita dan segala potensi yanga da pada diri kita untuk pengabdian dan pelayanan Tuhan.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...