Kamis, 11 Oktober 2018

INGATLAH PEMIMPINMU DAN PERHATIKANLAH HIDUP MEREKA

*INGATLAH PEMIMPINMU DAN PERHATIKANLAH AKHIR HIDUP MEREKA*

Sahabat yang baik hati, marilah kita menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita dalam mrlakukan aktifitas. Jumat, 12/10/2018

Ibrani 13:7 (TB)  Ingatlah akan pemimpin-pemimpin kamu, yang telah menyampaikan firman Allah kepadamu. Perhatikanlah akhir hidup mereka dan contohlah iman mereka.

Hebrews 13:7 (RSV)  Remember your leaders, those who spoke to you the word of God; consider the outcome of their life, and imitate their faith.

"Senior Citizen" demikian ungkapan berbahasa Inggris (Amerika dan Inggris Raya) untuk sebutan bagi para lanjut usia sebagai ungkapan rasa hormat. Setiap lansia adalah senior, pendahulu dan merupakan guru bagi generasi berikutnya. Apa yang kita nikmati kini merupakan usaha dan kerja keras para pendahulu. Realitas sekarang ini bukan ada dengan sendirinya, tetapi merupakan buah karya kerja keras dari pada pendahulu. Jadi wajar kita mengingat dan menghargai mereka para perintis dan pendahulu.

Di Indonesia untuk mengingat para pendahulu ada suatu ketetapan bahwa dalam setiap upacara nasional selalu ada acara "Mengheningkan Cipta". Ini meruapakan suatu momen yang baik sehingga setiap orang secara nasional mengingat dan menghargai para pemimpin dan pendahulunya. 

Baru saya tahu bahwa ada juga kebijakan Pemerintah agar nama-nama bandara di setiap daerah mengabadikan tokoh-tokoh lokal yang berjasa secata nasional. Ini adalah suatu contoh model penghargaan dengan mengabadikan karya dan pekerjaan mereka dalam suatu monument berharga. Ini adalah bentuk apresiasi terhadap para pendahulu khususnya yang telah meninggal, namun bagaimana menghargai hidup para pendahulu  yang masih hidup dan yang menyaksikan sendiri pergeseran nilai-nilai di sekitarnya, sikap orang lain terhadap mereka. Alkitab mengamanatkan setiap orang percaya agar mengingat dan menghargai pendahulu dan memperhatikan akhir hidup mereka.

Ingatlah para pemimpinmu! Ini adalah suatu bentuk imperstif yang harus dilakukan. Amanat Alkitab ini sangat penting menjawab kekuatiran para pendahulu, senior atau lanjut usia yang mengalami syndrom.  Setiap orang pasti mengalami post power syndrom, setiap orang akan mengalami ini ketika sudah melepas jabatan atau pekerjaan selalu ada rasa kekuatiran karena tidak diperhatikan, tidak dihargai, diabaikan dan dilupakan. Dengan pesan Alkitab ini kekuatiran setiap pendahulu dapat terjawab. Di negara-negara maju, penghargaan terhadap para pendahulu ini dengan adanya kepastian jaminan hari tua yang baik berupa dana pensiun yang cukup lumayan. Ada pula dengan memberdayakan mereka dalam berbagai kegiatan sosial dan aktifitas yang membantu masyarakat, jadi sekalipun mereka tudah pensiun dannlanjut usia tetap berguna dan produktif.

Perhatikanlah akhir hidup mereka! Ini suatu amanat agar tidak ada orang yang terabaikan, tiada orang yang merasa tidak diperhatikan karena setiap orang harus hormat dan memperhatikan hidup mereka. Sehingga setiap orang merasakan kasih dan perhatian sebagai mana disebutkan oleh Yesaya. Yesaya 46:4 (TB)  Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu.

Sahabat yang baik hati! Orang percaya harus mengingat, menghargai dan memperhatikan akhir hidup para pemimpin, pendahulu dan para orang tua kita sebagai guru dan teladan bagi kita. Bentuk mengingat dan menghargai mereka bukan dengan mengabadikan berupa monumen semata tetapi memberikan hati dan melakukan apa yang terbaik semasa hidup mereka, sehingga diakhir hidup mereka mereka memili semangat semangat, produktif dan memperoleh perhatian.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan kepada hidup saudara. Amin

Salam dari Tarutung yang sedang mengikuti SG:

Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...