Rabu, 17 Oktober 2018

MENGENAL KITAB SUCI SEJAK KECIL

*MENGENAL KITAB SUCI SEJAK KECIL*

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Kamis, 18/10/2018

2 Timotius 3:15 (TB)  Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.

2 Timothy 3:15 (RSV)  and how from childhood you have been acquainted with the sacred writings which are able to instruct you for salvation through faith in Christ Jesus.

Tahun 2010 saya berkesempatan mengunjungi Jerman tepatnya di  Distrik An der Agger. Mereka adalah mitra pelayanan Distrik VI Dairi.  Dalam 4 tahunan sudah ada semacam kesepakatan ada kunjungan kemitraan. Selama lima minggu lebih kami di sana mengunjungi gereja dan beberapa pelayanan di sana, termasuk beberapa project diakonia gereja, sekolah dan panti jompo. Sekalipun banyak terdaftar anghita jemaat, namun yang ikut gereja sangat sedikit, apalagi anak-anak dan rwmaja pemuda.  Inilah kekuatiran dan  keresahan orang Kristen di sana khususnya yang  masih memberi perhatian pada gereja dan aktif dalam berbagai pelayanan gereja. Apa yang menyebabkan anak-anak tidak datang ke gereja? Tertentu banyak faktor, namun salah satu jawaban yang sangat mengejutkan adalah ada pandangan di kalangan orang tua terlalu dini bagi anak-anak belajar tentang agama.

Terlalu dini belajar agama bagi anak-anak? Arus pemikiran seperti itu banyak didominasi masyarakat modern, seolah agama adalah hanya untuk dewasa, itulah sebabnya mereka lebih condong bahwa agama adalah pilihan. Agama yang tidak diajarkan sejak anak-anak akhirnya sampai dewasa pun mereka tidak ada minat untuk bergereja. Arus modern juga menyampaikan Kritik pedas terhadap iman warisan? Kristen warisan adalah kita menjadi Kristen karena orangtua Kristen seolah belum sungguh-sungguh Kristen. Pertanyaan adalah apa yang salah disitu, justru dalam tradisi Lutheran tang menganut Baptisan anak-anak bahwa orang tua bertugas dan bertanggung jawab atas pengajaran Agama Kristen bagi anak-anak mereka, mengajarkan Alkitab dan nilai-nilai yang dikandung dalam Alkitab sebagai pedoman hidup sehari-hari. Jadi setiap orang tua harus mengajarkan kepada anak-anaknya ajaran Alkitab. Alkitab memberikan hikmat bagi siapa saja yang mau membaca dan mendengarkannnya. Ajaran Alkitab sejak usia dini akan menuntun orang mengenal Yesus Kristus sebagai Yuruselamat pribadi kita. Jadi jangan abaikan pengajaran iman Kristen dan Alkitab kepada anak-anak karena Alkitab akan menuntun orang memiliki hikmat dan akan bertumbuh di dalam iman.

Ingatlah sejak kecil engkau telah mengenal kitab Suci! Pesan ini menjadi hal mendasar pertumbuhan kedewasaan iman dimulai dari pengajaran cinta Kitab Suci sejak usia dini. Paulus melihat kemajuan Timoteus tidak hanya didasarkan oleh bimbingan dari Paulus dan rasul lainnya. Tetapi Timoteus telah bertumbuh dengan baik sejak kecil dalam pengajaran kitab suci. Paulus yakin dan percaya, kebiasaan Timoteus mencintai Kitab Suci sejak kecil akan membawa dia kepada hikmat dan kedewasaan iman. 

Sahabat yang baik hati! Jika anak-anak kita berangkatkan sekolah dan kursus tentu agar mereka memiliki pengetahuan dan ketrampilan di bidangnya. Namun bagaimana dengan pertumbuhan iman mereka? Renungan ini mengingatkan kita semua bahwa anak-anak sejak dini harus kita perkenalkan ajaran Alkitab, agar dia mencintai kitab suci dan mengetahui begitu kayanya isi Alkitab yang menginspirasi dan memotivasi kita dalam banyak hal. Mari biasakan mengajarkan anak-anak sejak dini tentang cerita Alkitan dan iman kekristenan agar mereka bertumbuh menjadi iman yang dewasa, tangguh dan bertahan dalam segala tantangan kehidupan.

Sahabatku, di mana pun saudara berada Tuhan  memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...