Selasa, 16 Oktober 2018

SEMAKIN MENGERTI DAN PERCAYA

*SEMAKIN MENGERTI DAN PERCAYA*

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Rabu, 17/10/2018

Yohanes 2:22 (TB)  Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan mereka pun percayalah akan Kitab Suci dan akan perkataan yang telah diucapkan Yesus.

John 2:22 (RSV)  When therefore he was raised from the dead, his disciples remembered that he had said this; and they believed the scripture and the word which Jesus had spoken.

Sejak terjadinya peristiwa Gempa dan Tsunami Palu banyak berita yang beredar di medsos yang memberitakan kejadian. Pemberitaan itu biasanya seputar korban dan berbagai bangunan yang roboh serta penderitaan masyarakat Palu dan langkah-langkah penanganan darurat dan rencana rehabilitasi. Namun tak kalah pentingnya juga adalah ada beberapa kesaksian yang beredar melalui medsos tentang kesaksian dari para korban yang selamat. Umumnya mereka merasakan ada petunjuk yang membuat mereka selamat. Seperti kisah Pilot yang seolah ada bisikan bahwa dia harus segera terbang sebenarnya masih ada 3 menit lagi untuk terbang. Namun dia meminta kepada pihak  terkait ijin terbang dan dipersilahkan. Dia pun terbang dan pesawat penumpang selamat sampai ke tujuan. Tiga menit berharga itu merupakan peristiwa penting yang menyelamatkan dirinya dan penumpang yang dia bawa dalam pesawat.

Dalam banyak kejadian, ada saja seperti itu awalnya kita tidak menyadari bahwa suatu kejadian itu merupakan hal biasa saja, namun sesungguhnya telah menjadi pertistiwa penting yang sangat berharga. Sebagaimana dalam renungan pagi ini, sebenarnya kalau kita baca perikope ini adalah Yesus memurnikan Bait Suci. Ketika Yesus memasuki Bait Suci ditemukan para pedagang,  money changer dan transaksi lainnya, sehingga Bait Allah menjadi tempat jualan. Yesus marah dan menjungkir balikkan semua meja dagang dan mengusir mereka, Bait Allah harus menjadi Rumah Doa. Dalam membersihkan Bait Suci itulah Yesus mengatakan satu kalimat penting dalam Yohanes 2:19 (TB)  *Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali."*

"Rombak Bait Allah ini dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali." Kalimat singkat ini sangat terkasan dan dingat oleh murid-muridNya. Kalimat ini, selain menjadi perdebatan yang tajam di kalangan Yahudi juga mencara makna apa dibalik pernyataan itu.  Bagaimana mungkin Yesus membangunnya dalam 3 hari, sementara leluhur mereka telah membangun Bait Allah dengan susah payah selama 46 tahun?  Pada awalnya, mereka tidak memahami kalimat Yesus tersebut, namun setelah kebangkitan Kristus, kalimat membangunnya dalam tiga hari dimengerti. Sesungguhnya pembangunan Bait Allah yang dimaksud adalah membangun iman diatas dasar kebangkitan Yesus Kristus. Yesus mati pada hari jumat Agung  pada hari ketiga Dia bangkit, menggenapi janji Allah. Mereka menyadari semua itu setelah kebangkitan Kristus.

Peristiwa kebangkitan mengingatkan murid-murid bahwa apa yang Yesus katakan dan lakukan benar-benar terjadi. Semua itu membuat mereka semakin mengerti dan percaya kepada Yesus Kristus.

Sahabat yang baik hati, mungkin banyak juga pengalaman yang real bagi kita seperti yang dialami oleh murid-murid. Awalnya kita tidak memahami apa pesan Alkitab dalam hidup kita. Awalnya kita sulit menerima suatu keadaan yang terjadi, dalam hati kita berontak dimana kah Tuhan, ketika semua hal buruk ini menimpaku? Namun setelah kita jalani rupanya ada rencana indah dari Tuhan dalam hidup kita. Kata-kata yang dulu seolah berlalu begitu saja tapi setelah masa tertentu kita mengerti dan memahaminya. Demikian murid dulu mereka tak paham, namun setelah kebangkitan Kristus mereka mengerti kebenatan Firman dan percaya kepada Yesus Kristus.

Sahabatku, di mana pun saudara berada Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...