Jumat, 21 September 2018

TUHAN MENDENGAR RINTIHAN UMATNYA

TUHAN MENDENGAR RINTIHAN UMATNYA

Sahabat yang baik hati! Marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Sabtu, 22/09/2018

Hakim-hakim 2:18b (TB)  Sebab TUHAN berbelas kasihan mendengar rintihan mereka karena orang-orang yang mendesak dan menindas mereka.

Judges 2:18 (RSV) for the LORD was moved to pity by their groaning because of those who afflicted and oppressed them.

Masa Hakim-hakim adalah masa transisi umat Israel, dari masyarakat nomaden yang berpindah-pindah menjadi menetap tinggal menurut pembagian milik pusaka. Pembagian pusaka  dipimpin  oleh Yosua menurut suku - suku Israel. Setelah Yosua meninggal tidak ada lagi pemimpin bagi mereka yang permanen, mereka hanya komunitas suku yang mendiami milik pusaka mereka masing-masing, memulai hidup baru menurut komunitas suku, mengolah lahan dan membesarkan ternak mereka di Kanaan. Tanah Kanaan adalah tanah yang subur: penuh susu dan madu. Namun sering kali ada tantangan dari suku bangsa sekitar. Ketika mereka hendak panen dan ketika ternak mereka tambun dan siap untuk dijual bangsa sekitar merampas milik mereka. Kejadian seperti itu sering terulang dan sangat menindas. Dapat kita bayangkan hasil jerihnya tak dinikmati karena dirompak orang asing. Mereka tidak menikmati hasil pekerjaan mereka. Mereka berladang namun panennya dirampas bangsa sekitar. Ternak mereka tambun namun suku-suku bangsa sekitar yang menikmati lemaknya. Bangsa Israel mengalami penindasan demi penindasan.

Dalam keadaan seperti itulah bangsa Israel merintih dan menjerit meminta tolong kepada Tuhan. Tuhan tidak membiarkan mereka ditindas dan dirampas oleh suku bangsa lain, Tuhan mendengar rintihan dan jeritan mereka dengan mengutus para hakim-hakim yang membebaskan mereka dari perampasan. Kehadiran hakim-hakim yang memiliki kekuatan ilahi menghempang musuh membuag mereka menikmati hasil jeri payah mereka: menikmati panen dan hasil ternak mereka.

Dalam kitab Hakim-hakim ada sejumlah hakim-hakim diantaranya, Gidion,  Abdon, Yefta, Yair, Otniel, Debora, Simson dll. Kisah-kisah mereka sangat unik, semuanya memiliki karisma dan kekuatan ilahi di luar kemampuan manusia biasa untuk melawan kuasa asing dan melindungi bangsa Israel dari perampasan dan perampokan. Tuhan tidak membiarkan mereka merintih dalam penindasan dan korban rampasan suku bangsa asing. Tuhan melindungi umatNya dengan menghadirkan hakim bagi mereka.

Sahabat yang baik hati! Kehadiran hakim-hakim dalam sejarah Israel membuktikan bahwa Tuhan hadir dalam sejarah umatNya memberikan perlindungan. Tuhan pemimpin dan pembela bagi umatNya dengan mengutus para hakim-hakim. Demikianlah dalam kehidupan kita kini bahwa Allah hadir mendengar seruan minta tolong dan rintihan kesakitan yang kita alami. Tuhan tidak membiarkan kita mengalami ketidak adilan, namun Tuhan akan mengirimkan batuan dan pertolongan bagi umat yang dikasihiNya.  Mari jalani kehidupan ini dengan setia kepadaNya dalam keadaan apapun, percayalah Tuhan akan mendengar, menolong dan menyelamatkan umatNya.

Sahabatku, dimana pun saudara berada Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...