Senin, 10 September 2018

DICELA DAN DIANIAYA OLEH KEBENARAN

DICELA DAN DIANIAYA OLEH KARENA KEBENARAN

Selamat Pagi! Sahabatbyang baik hati marilah kita menghunakan waktu sejenakndinpagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenhngkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita dalam melakukan aktiftlitas. Selasa, 11/09/2018

Matius 5:11 (TB)  Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat.

Matthew 5:11 (RSV)  "Blessed are you when men revile you and persecute you and utter all kinds of evil against you falsely on my account.

Dalam percakapan sehari-hari kita sering mendengar bahwa "orang yang berkata benar dibenci atau tidak disukai oleh orang lain". Ungkapan ini berdampak pada sikap tidak peduli  atau berdiam terhadap lingkungan sekitar yang bobrok. Sekalipun banyak kesemrautan dan ketidak beresan di sekitarnya lebih memilih diam saja karena takut dibenci atau dianggap terlalu vocal.

Jika terjadi demikian ìtu pertanda memasuki "masyarakat yang sakit". Dalam masyarakat sakit orang yang waraslah yang dianggap gila. Menggugah hal ini pernah Marthin Luther King Jr berkata: "if you see evil, you do nothing, you are evil too." Jika kita terjemahkan berarti: "jika engkau melihat kejahatan, tetapi kami tidak melakukan apa-apa, kamu juga telah ikut dalam kejahatan. Kritik Marthin Luther King Jr ini sangat menohok gereja di jamannya yang ikut membiarkan dan melanggengkan penindasan, diskriminasi dan kejahatan rasis. Kotbah yang begitu hebat dan gigih dari Marthin Luther King Jr menegur orang percaya yang tidak mau tahu dengan keadaan sekitarnya. Dasar kotbah Marthin Luther ini diinspirasi dari kotbah di bukit khususnya Matius 5:10-12 (TB)  Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga. Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat.
Bersukacita dan bergembiralah, karena upahmu besar di sorga, sebab demikian juga telah dianiaya nabi-nabi yang sebelum kamu."

Menyuarakan kebenaran merupakan pekerjaan sulit, memiliki integritas dan konsisten dalam pemikiran. Mungkin tidak berlebihan ada orsng yang beranggapan hanya orang-orang yang memiliki interigtas dan idealisme yang tinggi dan berpikir out of the box. Sekalipun sulit bukan berarti tidak ada orang yang mau melalukan beejuang dalam.kebenaran dan menyuarakan suara nabiah. Di dunia ini telah lahir banyak tokoh-tokoh pejuang keadilan, dalam seluruh pernuangan mereka tidak sia-sia: ada yang disingkirkan dan dipenjarakan seperti Nelson Mandela. Banyak para pejuang kemanusiaan yang ditahan sebagaia tahanan politik.  Ada yang harus mati ditembak seperi Marthin Luther King Jr. Ada juga seperti Bunda Theresa: sekalipun dihasut, dibenci bahkan berulang kali rumah dan asramanya dibakar agar Bunda Theresia keluar daei Kalkuta. Tapi dia tidak takut melakukan tugas maha mulia itu. Dengan tekun dan pasrah,, apapun sikap dan tindakan orang yang membenci pekerjaan kebenaran yang dilakukannya tidak masalah baginya. Satu-satunya jalan yang ditempuhnya adalah menyuarakan kebenaran dan melakukan kasih yang tulus terhadap orang-orang yang miskin dan papa.

Sahabat yang baik hati! Dalam masyarakat yang sakit dan dunia yang kacau balau, orang percaya dipanggil Kristus untuk menyuarakan kebenaran. Jangan takut menyuarakan kebenaran karena kebahagiaanlah upah bagi mereka yang melakukan kebenaran Kristus.  Berbahagialah jika karena kebenaran harus dibenci, difitnah, dianiaya atau bahkan mengalami berbagai penderitaan dan kesusahan  menderita karena memikul salib adalah konsekwensi seorang murid Kristus. Harga seorang murid dibuktikan dengan ketaatan dan kesetiaannya dalam kebenaran  sekalipun harus menerima berbagai tantangan, dianiaya, dikejar dan difitnah dalam kebenaran demi pencerahan dan demi menghadirkan kebenaran.

Sahabatku, dimana pun saudara berada: Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalamhidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...