Jumat, 07 September 2018

RAMAH, PENUH KASIH DAN SALING MENGAMPUNI


RAMAH, PENUH KASIH MESRA DAN SALING MENGAMPUNI

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini, untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita falam melakukan aktifitas hari ini, Sabtu 08/09/2018

Efesus 4:32 (TB)  Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.
Ephesians 4:32 (RSV)  and be kind to one another, tenderhearted, forgiving one another, as God in Christ forgave you.

Di HKBP ada salah satu nama gereja namanya HKBP Bakom singkatan dari Batak Kompak, berada dalam pelayanan distrik Deboskab. Nama itu menurut keterangan jemaat ketika pertama sekali berkunjung ke sana diangkat dari kenyataan bahwa jemaat di sana memang benar-benar kompak. Semua orang pasti memimpikan hidup yang kompak, penuh damai, kasih mesra dan saling mengampuni. Namun apa jadinya jika suatu masyarakat penuh kebencian, perang, dendam? Tentu semuanya akan kacau balau, mencekam dan hidup dalam ketakutan.  Dalam situasi kacau balau orang yang berakal budi pun tidak akan menghasilkan pemikiran terbaik. Renungan pagi ini berbicara dengan sikap ramah, kasih mesra (kompak) dan hidup saling mengampuni sebagai mana Kristus telah mengampuni.

Alkitab merupakan sumber nilai yang mengajarkan kehidupan yang damai dan penuh kasih mesra merubah dunia yang kacau dan lingkaran saling menyalahkan.  Dunia yang jatuh ke dalam dosa membuat dunia ini saling menyalahkan, saling mengintai dalam kesalahan dan mengambil kesempatan untuk menjatuhkan dan meremukkan. Bacalah Kejadian 3:15 (TB)  Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."

Syukurlah kepada Tuhan yang menebus dunia ini dari dosa kepada hidup yang penuh damai. Di dalam Yesus Kristus manusia berdamai dengan Allah, manusia dengan sesamanya dan manusia dengan ciptaan lain. Tuhan telah mengampuni dan menghapuskan dosa dan pelanggaran kita kepada Tuhan, maka hal yang sama hendaklah kita memaafkan kesalahan orang lain kepada kita.

Dalam renungan ini ada tiga hal menjadi sikap pribadi yang harus kita miliki sebagai orang yang menerima pengampunan dari Kristus, yakni:

1. Ramah terhadap semua orang: jika oleh dosa kita bersikap curiga dan menyalahkan orang lain maka hidup orang yang telah menerima pengampunan harus hidup ramah terhadap semua orang. Pasti kita semua senang terhadap orang yang ramah karena sikap ramah adalah memperlakukan orang lain dengan hormat, santun bahkan pihak yang dilayani dengan baik. Jadi ramah terhadap semua orang berarti kesediaan kita untuk memperlakukan yang terbaik bagi orang lain. Maka cobalah mulai saat ini bagaimana sikap orang lain pada kita apakah sinis atau acuh? Jangan tunggu orang lain bersikap ramah pada kita, tetapi mulailah bersikap ramah dan lihatlah akan ada perubahan.

2. Penuh kasih mesra; kasih mesra adalah hubungan yang kompak, saling mengerti dan seperasaan. Benar apa yang disebut dalam teks RSV "tenderhearted" berarti ada perasaan dan ada tindakan yang nyata atau menunjukkan perbuatan kasih yang peduli kepada orang lain (feeling and showing love). Kasih mesrah lebih dari hidup sekedar harmoni, namun penuh kasih mesra berarti ada perhatian dan kepedulian. Ada orang kompak namun tidak berbuat apa-apa. Penuh kasih mesra berarti kompak dan bersama-sama melakukan kebaikan bagi orang lain. Itulah sikap yang kristiani.

3. Hidup yang memaafkan dan mengampuni. Jujur saja pasti kita pernah melakukan kesalahan, baik itu karena tidak sengaja, terpaksa atau karena situasi kondisi tertentu. Apa yang terjadi jika sakit hati dibalas dengan sakit hati? Kesalahan dibalasan dengan kesalahan yang lebih besar lagi? Dunia ini akan kacau balau dan dipenuhi dengan dendam dan kebencian. Syukurlah kepada Tuhan Yesus yang telah menunjukkan jalan dan teladan bagi kita bahwa dalam hidup ini kira harus penuh cinta kasih dan hidup saling mengampuni.

Sahabatku, dimanapun saudara berada Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...