Kamis, 27 September 2018

CARILAH TUHAN

*CARILAH TUHAN*

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati marilah kita menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita semua. Jumat, 28/09/2018

Zefanya 2:3 (TB)  Carilah TUHAN, hai semua orang yang rendah hati di negeri, yang melakukan hukum-Nya; carilah keadilan, carilah kerendahan hati; mungkin kamu akan terlindung pada hari kemurkaan TUHAN.

Zephaniah 2:3 (RSV)  Seek the LORD, all you humble of the land, who do his commands; seek righteousness, seek humility; perhaps you may be hidden on the day of the wrath of the LORD.

Carilah Tuhan! Seruan ini berulang kali disampaikan oleh para nabi di tengah-tengah umat Israel. Peringatan ini sangat penting, karena umat Allah sedang sibuk mencari apa yang memenuhi kebutuhan hidup mereka dengan meninggalkan Tuhan. Mereka sibuk mencari apa yang membuat mereka aman dan terlindungi, makmur dan sejahtera tetapi mengabaikan dan melupakan Tuhan. Seharusnya dalam mencari apa yang kita butuhkan dalam hidup ini kita mencari Tuhan, karena pada Tuhan segala sesuatu tersedia? Inilah seruan nabi, selain dalam kitab Zefanya, hal yang sama disuarakan oleh nabi Yesaya dan Amos

- Yesaya 55:6 (TB)  Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!

- Amos 5:4 (TB)  Sebab beginilah firman TUHAN kepada kaum Israel: "Carilah Aku, maka kamu akan hidup!

Hal senada juga disampaikan dalam Mazmur 105:4 (TB)  Carilah TUHAN dan kekuatan-Nya, carilah wajah-Nya selalu!

Nabi Zefanya adalah salah satu nabi yang sangat kritis terhadap perilaku kehidupan umat Allah. Dia melayani di zaman Hizkia hingga pemerintahaan Yosia sebagai raja di Yehuda, Hizkia pun meninggal digantikan oleh anaknya nasib Yehuda semakin para mezbah-mezbah untuk baal didirikan.  Nabi Zefanya hadir di tenga-tengah umat Allah, menyerukan pertobatan.

Ada tiga istilah yang dipakai Zefanya keadaan Yehuda. Zefanya 3:1 (TB)  Celakalah si pemberontak dan si cemar, hai kota yang penuh penindasan!

Pemberontak, cemar dan penuh penindasan? Apakah Tuhannakan membiarkan kota seperti ini? Bagi Zefanya keadaan ini akan segera mendatangkan Murka Allah. Hukuman Tuhan tidak dapat lagi ditunda, murkaNya segera menimpa umatNya. Satu-satunya jalan yang harus ditempuh agar selamat dari murka Tuhan adalah mencari Tuhan,  bertobat dari perilaku mereka yang meninggalkan Tuhan, bersedia merendahkan diri dan mencari keadilan. Jika pertobatan itu tidak dilakukan nasib Yehuda akan sama seperti Israel Utara atau Samaria yang ditahlukkan oleh Assyur.  Ide reformasi zaman pemerintahan Yosia lahir dari suara nabi yang mendesak perbuhan dan mencari Tuhan.

Carilah Tuhan adalah seruan pertobatan yang sangat keras dari nabi Zefanya. Dengan cara apakah mereka mencari Tuhan?
Disini ada tiga kata kunci yang disampaikan oleh Zefanya.  Hidup setia dan kecintaan terhadap perintah Tuhan, berlaku adil dan rendah hati. Mencari kesejahteraan dan kemakmuran dengan meninggalkan Tuhan adalah langkah keliru, karena sumber berkat ada pada Tuhan. Mencari rasa aman dengan melakukan penindasan adalah kekejian bagi Tuhan. Umat Allah harus hidup dalam kerendahan hati, tiada artinya menyombongkan diri karena hidup ini adalah anugerahNya semata.

Sahabat yang baik hati. Carilah Tuhan maka kamu akan hidup, rendahkanlah diri karena tidak ada yang perlu ditinggikan. Biarlah Tuhan saja yang dimuliakan atas segala apa yang ada pada hidup kita. Hiduplah dalam kebenaran dan junjunglah keadilan karena itu yang berkenan dan dikehendaki Tuhan. Yesus sendiri juga mengajarkan: carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya maka semua itu akan ditambahkan kepadamu. Mencari kesejahteraan dan kemanan, kedamaian dan tenanangan adalah dengan mencari Tuhan dan mengutamakan kebenarannya.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...