Minggu, 16 September 2018

PEDULI TERHADAP ORANG YANG LEMAH

 PEDULI TERHADAP ORANG LEMAH

Selamat pagi! Sahabat yang baik hati marilah kita menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Senin 17/09/2018

Mazmur 41: 2-3a Berbahagialah orang yang memperhatikan orang lemah! TUHAN akan meluputkan dia pada waktu celaka. TUHAN akan melindungi dia dan memelihara nyawanya.

Psalms 41:2-3a (RSV)  Blessed is he who considers the poor! The LORD delivers him in the day of trouble;
the LORD protects him and keeps him alive;

Peduli terhadap orang yang lemah, miskin dan papa merupakan tema yang banyak disoroti oleh Alkitab. Allah sendiri adalah Allah yang membela hak orang miskin. Dalam banyak kisah Alkitab, digambarkan bahwa Allah adalah pembebas bagi orang yang ditindas, penolong bagi orang yang lemah dan sumber penghiburan bagi orang yang berduka dan menghadapi pergumulan. Hal yang sama Allah menghendaki bahwa orang-orang yang percaya harus peduli terhadap kaum yang lemah, miskin dan papa.  Bahkan Amsal 19:17 (TB)  Siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi TUHAN, yang akan membalas perbuatannya itu.

Sejajar dengan nats ini Yesus berkata: "sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku." (Matius 25:45)

Perbuatan baik terhadap kaum lemah sangat penting; suatu perbuatan baik yang tulus tanpa mengharapkan balasannya. Jika kita menolong dan membantu orang yang dapat memberikan balasnya kepada kita, itu berarti kasih yang menuntut balas. Kulakukan perbuatan baik karena berharap kelak akan ada balas kebaikan yang akan saya terima.  Perbuatan baik terhadap kaum lemah adalah perbuatan yang didorong dari hati yang murni dari niat yang tulus dan budi bhakti yang mulia dsri orang percaya. Berbuat baik tanpa mengharapkan balasan, itulah kasih agape sebagaimana mengasihi kita.
Yesus pernah mengajari murid-murid dalam  Lukas 14:13-14 (TB)  Tetapi apabila engkau mengadakan perjamuan, undanglah orang-orang miskin, orang-orang cacat, orang-orang lumpuh dan orang-orang buta.
Dan engkau akan berbahagia, karena mereka tidak mempunyai apa-apa untuk membalasnya kepadamu. Sebab engkau akan mendapat balasnya pada hari kebangkitan orang-orang benar."

Panggilan melakukan perbuatan baik bagi orang lemah, miskin dan papa adalah suatu keharusan meneladani Allah yang berbuat dan berkarya bagi kaum lemah dan miskin. Berbuat baik kepada orang yang lemah, miskin dan papa karena  selalu ada disekitar kita. Tuhan hendak memakai kita menjadi saluran berkat bagi orang lain. Peduli terhadap orang yang lemah, miskin dan papa adalah tindakan mulia. Siapa tau dengan kebaikan yang kita lakukan telah menjadi sejarah baru bagi orang yang menerima perbuatan baik kita. Panggilan ini terus menggema dalam bathin kita agar dapat menjadi  berkat bagi sesama.

Sahabat yang baik hati! Nats renungan pagi ini mengingatkan ada berkat yang diterima oleh  orang yang peduli terhadap lemah, miskin dan papa. Jangan berpikir untung dan rugi hal berbuat baik. Namun apa yang bisa kita lakukan, lakukan dengan ketulusan. Tuhan akan memberkatinya berguna bagi orang lain. Tuhan itu adil dan telah mempersiapkan berkat bagi orang-orang yang peduli terhadap kaum yang lemah. Berkat dan jaminan Tuhan terhadap orang yang berbuat baik bagi kaum lemah, miskin dan papa adalah 1) Tuhan meluputkan dia dari celaka; setiap kita melakukan perjalan tentu hal yang paling kita butuhkan selamat di perjalanan. 2) Tuhan melindungi dan menjaga mereka sama seperti penjaga pintu gerbang yang senantiasa terbangun. Tuhan tidak pernah tertidur menjagai hidup orang yang peduli terhadap kaum yang lemah. Sekalipun berjalan melewati gelombang dan badai tidak akan takut karena Tuhan akan memelihara dan melindungi orang beriman untuk setia kepada Allah.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...