Senin, 03 September 2018

BERKARAKTER KRISTIANI DAN SALING MEMBANTU

BERKARAKTER KRISTIANI DAN SALING MEMBANTU

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hati ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Selasa,,04/09/2018

Efesus 4:2 (TB)  Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu. 

Ephesians 4:2 (RSV)  with all lowliness and meekness, with patience, forbearing one another in love,

Alkitab mengajarkan kita orang oercsya memiliki karakter. Jika kita perhatikan dalam surat-surat rasul Paulus dan Surat para Rasul selalu diakhiri dengan berbagai nasehat agar jemaat memiliki karakter kristiani. Disebut karakter Kristiani karena mengikuti karakter yang dimiliki oleh Yesus Kristus.

Dalam renungan pagi ini ada 4 hal karakter yang dinasihatkan Paulus kepada jemaat Efesus.
1. Rendah Hati
2. Lemah lembut
3. Sabar
4. Kasih dalam saling membantu

Pribadi yang rendah hati pasti disukai banyak orang, nyaman bersahabat dengannya menghargai orang lain bahkan menganggap orang lain lebih utama dari dirinya sendiri. Itu sangat berbeda dengan orang yang sombong dan tinggi hati, kita tidak nyaman bersahabat ata teman bicara karena selalu meninggikan diri dan kurang menghargai orang lain.  Rendah hati adalak karskter yangbharus kita milikinkarena Ydsus Kristus telah menjadi teladan bagi kita yang rendah hati. Sekal
 Filipi 2:5-8 (TB)  Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,  yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,
melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.
Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.

Pribadi kedua adalah lemah lembut, hal ini menegaskan apa yang disampaikan oleh Yesus: berbahagialah orang yang lemah lembut karena mereka akan memiliki bumi (Mat 5:5). Dunia ini tidsk dimiliki oleh dengan kuasa dan kekerasan tetapi akan dimenangkan oleh orang yang memiliki hati yang lemah lembut. Kekuasaan ada batasnya namun kelemah lembutan akan memenangkan  hati setiap orang.

Karakter ketiga adalah sabar. Orang kristen garis memiliki kesabaran karena kita masih menantikan pemenuhan janji Allah. Kesabaran ini adalah buah dari pengharapan, dalam segala keadaan dan segala cita-cita yang belum terwujud tetaplah bersabar dan penuh ketekunan karena segala sesuatu indah pada waktunya.

Keempat adalah kasih. Yesus menyampaikan dalam Yohanes 15:17 (TB)  Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain."
Kasih itu disertai dengan perbuatan nyata. Kasih tidak pernah hanya dalam tataran teroritis namun dalam praktek hidup orang beriman dengan kerelaan berkorban. Kasih adalah sikap dan tindakan orang beriman yang bersedia mempersembahkan dirinya dan yang ada padanya untuk membantu dan menolong orang lain.

Sahabat yang baik hati! Jadilah pribadi yang memiliki karakter Kristiani yang membentuk pribadi mulia yang  dikehendaki oleh Kristus yakni dengan rendah hati, lemah lembut, sabar dan penuh kasih. Pribadi mulia ini akan menjadi garam dan terang bagi kehidupan orang lain.

Sahabatku dimana pun saudara berada Tuhan memberkati dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...