Rabu, 18 November 2020

TANGAN KANAN, KEKAYAAN DAN KEHORMATAN

 FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN

Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi

Kamis, 19 November 2020


UMUR PANJANG, KEKAYAAN DAN KEHORMATAN ADALAH BERKAT TUHAN


Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan


Amsal 3: 16 (TB) Umur panjang ada di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan.


Provers 3: 16 (KJV) Length of days is in her right hand; and in her left hand richesnd honour. 


Pada umumnya setiap orang menginginkan tiga hal dalam hidupnya yaitu: umur panjang, kekayaan dan kehormatan. Dan dalam ketiga hal tersebut selalu berkaitan dengan kesehatan, uang dan kekuasaan. Itulah sebabnya manusia selalu bekerja keras agar mendapatkan apa yang diinginkan hatinya. Orang yang mempunyai kekayaan (uang dan harta) menginginkan umur panjang agar bisa lebih lama lagi menikmati kekayaan dan kekuasaan serta dihormati banyak orang. Itu sebabnya semua orang gigih bekerja agar terwujud apa yang diinginkan hatinya. 


Tidak ada yang salah dengan hal itu. Paulus seorang Rasul Allah pun telah menunjukkan keteladanan dalam hal bekerja. Dan dalam kitab Pengkhotbah 3: 13 mengatakan “dan bahwa setiap orang dapat makan, minum dan menikmati kesenangan dalam segala jerih payahnya, itu juga adalah pemberian Allah.” Allah sudah menjanjikan hasil yang akan kita nikmati atas kerja keras kita. Namun, Allah mau mengingatkan kita bahwa setiap hasil yang kita dapatkan itu datangnya dari Allah atau anugerah Allah. Dalam menggunakan setiap berkat-berkat yang dianugerahkan Tuhanpun kita diajak untuk berhikmat demi kemuliaan Tuhan. 


Salomo yang dikenal sebagai raja terkaya, terpintar dan paling berhikmat, yang selalu gigih bekerja dan belajar, telah meraih banyak kesuksesan dalam hidupnya. Namun semua yang dia miliki tidak bisa membuat kebahagian yang kekal dan tidak mampu memperpanjang usianya. Itulah sebabnya Salomo mengingatkan dan mengajarkan kepada kita dalam keseluruhan pasal 3 ini agar jangan melupakan ajaran dan perintah Tuhan, namun mengalungkannya pada leher dan menuliskannya pada loh hati agar kita mendapatkan kasih dan penghargaan dari Allah yaitu umur panjang, kekayaan dan kehormatan. Ketika kita mau dengan setia mendengar firman Tuhan, menyukai pemberitaan firman dan taurat Tuhan, tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, tidak berdiri dijalan orang berdosa dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, maka disitulah bisa kita rasakan kebahagiaan yang hakiki dari Allah. Harta kekayaan bisa membeli segalanya tapi tidak mampu membeli kebahagiaan dan umur panjang. Kekayaan duniawi bukan menjadi jaminan bagi kita untuk hidup bahagia. Orang yang hanya berfokus pada harta kekayaan duniawi tidak akan menemukan kedamaian dan ketenangan apalagi kebahagiaan dalam hidupnya.


Untuk apa umur yang panjang tetapi hidup dalam kejahatan dan kesia-siaan? Untuk apa kekayaan yang berlimpah tetapi sakit-sakitan dan tidak menemukan kebahagiaan? Untuk apa kehormatan tetapi mempunyai keturunan yang tidak mau mendengarkan nasihat dan hidup dalam ketidakteraturan? 


Sahabat yang baik hati. Firman Tuhan berkata “Umur panjang ada di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan.” Artinya bahwa ketika Allah menganugerahkan umur panjang, kekayaan dan kehormatan, marilah kita menggunakannya secara berhikmat. Memakai setiap waktu hidup dengan arif dan bijaksana serta tetaplah menjadi saluran berkat bagi banyak orang. Jadilah teladan dalam perkataan dan perbuatan bagi keturunan kita agar kelak mereka mewarisi hal-hal baik dalam hidupnya. Layanilah Tuhan melalui pekerjaanmu dan bertanggung jawab terhadap berkat Tuhan. Berhikmatlah dan jadilah bijak. Muda berkarya, Tua menikmati hasil, Mati masuk Surga. 


Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin. 


Salam: Tim Page pdt Nekson M Simanjuntak - JZ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...