Senin, 23 November 2020

SIAP SEDIA DALAM SEGALA WAKTU

 FIRMAN TUHAN SUMBER HIDUP

Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi

Selasa, 24 November 2020


SIAP SEDIA DALAM SEGALA WAKTU!


Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan


Markus 13:35 (TB) Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu bilamanakah tuan rumah itu pulang, menjelang malam, atau tengah malam, atau larut malam, atau pagi-pagi buta.


Mark 13:35 (KJV) Watch ye therefore: for ye know not when the master of the house cometh, at even, or at midnight, or at the cockcrowing, or in the morning


Ada ungkapan yang berkata "Menunggu merupakan pekerjaan yang paling membosankan, bahkan bisa membuat seseorang merasa kesal dan jengkel". Ungkapan ini ada benarnya karena masa penantian yang berkepanjangan, tanpa mengetahui dengan jelas kapan tiba waktunya, kerap membuat orang menjadi jemu, lelah, kesal, dan lengah. Akibatnya, berbagai kenikmatan dan daya tarik dunia yang begitu menggoda akan membuat kita gampang jatuh ke dalam dosa.


Demikianlah Firman Tuhan hari ini merupakan bagian akhir dari Khotbah tentang Akhir Zaman (pasal 13). Yesus memanggil kita untuk senantiasa waspada dan berjaga-jaga dalam segala waktu supaya kita tidak lengah dalam menantikan kedatanganNya yang kedua.


Panggilan terakhir untuk berjaga-jaga diberikan dalam bentuk perumpamaan, seperti seseorang yang akan bepergian dan menyerahkan tanggung jawab kepada para hambanya, setiap orang menerima tugasnya dan secara khusus penunggu pintu diminta supaya berjaga-jaga. Sekali lagi, Yesus memberikan peringatan: "Karena itu berjaga-jagalah". Sebab kita tidak tahu kapan waktunya Tuhan (Sang Tuan Rumah) datang.


Waktu senja, tengah malam, waktu ayam berkokok, atau pagi hari, tampaknya penulis Injil Markus menggunakan empat waktu giliran jaga malam bagi orang Romawi. Saat Ia datang kedua kalinya, Tuhan mengharapkan agar umat-Nya tidak didapati sedang tertidur ataupun tidak siap sedia. Bahkan Yesus mengakhiri pengajaran ini dengan peringatan yang berulang: "Apa yang Kukatakan kepada kamu, Kukatakan kepada semua orang: "berjaga-jagalah"


Melalui bacaan hari ini kita diingatkan untuk menyadari bahwa Tuhan datang pada saat yang tak terduga. Sebab itu, marilah kita membangun sikap seorang hamba yang senantiasa siap sedia, waspada, setia, baik, taat, dan bertekun dalam mengusahakan semua hal yang dapat menyenangkan hatiNya dan sesuai dengan kehendak Allah. Semoga saat kedatanganNya kembali, Tuhan melihat kita dalam kondisi terjaga dan telah menyelesaikan tugas serta tanggung jawab kita, dan bukan dalam keadaan lengah dan tertidur. Dengan demikian, kita dianggap layak menerima upah dan mengalami kebahagiaan abadi bersama Allah dalam kerajaanNya.


Selama kita hidup di dunia, tentu tantangan dan cobaan kapan saja bisa menghampiri kehidupan kita, terlebih dimasa penantian kita. Lalu bagaimana supaya kita tidak jatuh dalam cobaan tersebut? Demikian apa yang terjadi dengan hari esok tak seorang pun tahu, apakah esok kita masih sehat atau kematian menjemput kita. Tentu kita harus siap secara iman dan mental supaya kita tidak gagal dan jatuh di tengah perjalanan. Terkadang orang jatuh bukan karena batu yang besar, justru terpeleset oleh kerikil kecil.  Seseorang terjatuh bukan karena besarnya masalah yang dialami, tetapi justru saat segala sesuatunya berjalan dengan baik, tetapi disitu awal kelengahan. Karena itu, dalam kitab Markus pasal 13 ini, Yesus berpesan kepada murid-muridnya untuk waspada dan berjaga-jaga. Firman ini berpesan kepada kita, bahwa akhir zaman sudah mendekat dan akan segera terjadi, maka siap sedialah dan berjaga-jagalah. Untuk dapat berjaga-jaga dengan setia, maka perlu memelihara hidup  persekutuan dengan Tuhan di dalam doa dan ucapan syukur. Mari mempersiapkan diri (iman dan mental) agar senantiasa siap sedia dalam segala hal agar bila tiba waktunya kita dijumpaiNya tidak bercacat dan lengah.


Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin


Salam: Tim Page Pdt. Nekson M Simanjuntak - PS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...