Jumat, 12 Juni 2020

SEGALA SESUATU DIJADIKAN OLEH DIA

FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN
Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi
Renungan Harian, Sabtu, 13 Juni 2020

SEGALA SESUATU DIJADIKAN OLEH DIA

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Fieman Tuhan.

Yohanes 1:3 (TB)  Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

John 1:3 (RWV)  All things were made by him; and without him was not any thing made that was made.

Pembukaan Injil Yohanes ini memberikan penjelasan hubungan Allah dengan Firman. Firman bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Allah pencipta dan Firman itu telah menjadi daging yang hadir di dalam diri Yesus Kristus untuk menebus ciptaanNya. Suatu rumusan singkat namun memiliki makna yang essesial tentang Allah yang kekal.

Pada mulanya adalah firman dan firman itu bersama-sama dengan Allah dan firman itu adalah Allah. Itu mau menjelaskan bahwa Yesus adalah Allah. Allah yang mencipta, memelihara, menebus dan menghakimi ciptaanNya. Allah berdaulat penuh atas seluruh ciptaanNya.

Allah adalah logos.
Logos dalam konteks Yunani menembus alam pikir para filsuf Yunani tentang keberadaan sesuatu (being). Firman itu adalah Allah yang telah menjadi daging. Itulah Yesus yang hadir menebus ciptaanNya. Allah tidak membiarkan ciptaanNya jatuh dan diperhamba oleh dosa. Sejak manusia jatuh dalam dosa, dunia diliputi kegelapan dan diperhamba oleh dosa. Allah di dalam diri Yesus Kristus datang menebus ciptaanNya.  Disinilah kehadiran Yesus Kristus menyelamatkan ciptaanNya yang telah jatuh dalam dosa. Allah tidak membiarkan ciptaanNya dikuasai dosa, Allah berdaulat atas ciptaanNya dan Allah melakukan penebusan melalui Yesus Kristus.

Tidak ada sesuatu tanpa Dia.
Kalimat ini menegaskan bahwa Allah itu pencipta. Tidak ada sesuatu partikel apaun di dunia ini tanpa Dia. Selai itu, Allah pemelihara dan penyelamat ciptaanNya. Dia tahu apa yang telah terjadi, yang sedang terjadi dan yang akan terjadi. Tidak ada dalam hidup ini yang tidak diketahui oleh Allah. Tidak ada sesuatu pun yang terjadi tanpa Dia dan semuanya akan terjadi seturut dengan kehendakNya.

Sahabat yang baik hati! Dengan membaca awal Injil Yohanes kita tak perlu kuatir akan apa yang akan terjadi esok. Tuhan adalah perancang kehidupan ini dari awal hingga akhir. Dialah Alfa dan Omega, tugas kita adalah mari kita yakinkan bahwa hidup kita ikut dalam rancanganNya.

Percayakah kita akan semua itu? Pertanyaan ini menohok, sudah banyak orang-orang yang mengandalkan akal (filsuf), bahkan oleh akalnya meniadakan Tuhan. Lihatlah banyak sekali kejadian alam yang tidak dapat dijawab oleh akal. Apapun teori sain tentang terjadinya kosmos ini tetap sebagai teori. Alkitab bukanlah teori sains tetapi kebenaran. Maka saat ini kita harus lebih percaya pada Tuhan. Apa yang terjadi, sedang terjadi dan yang akan terjadi dalam hidup ini, semuanya kita jalani dengan percaya kepada Yesus. Dialah Yuruselamat yang telah menyediakan kehidupan yang kekal bagi orang yang percaya kepadaNya.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...