Selasa, 09 Juni 2020

KARENA IMAN

FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN
Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi
Renungan Harian Rabu, 10 Juni 2020

KARENA IMAN

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan.

Ibrani 11:3 (TB)  Karena iman kita mengerti, bahwa alam semesta telah dijadikan oleh firman Allah, sehingga apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat.

Hebrews 11:3 (RWV)  Through faith we understand that the worlds were framed by the word of God, so that things which are seen were not made of things which are visible.

Hidup orang percaya dialaskan pada satu dasar yaitu: iman.  Ibrani pasal 11 merupakan uraian akan arti iman dalam hidup orang percaya. Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat (11:1). Disini iman berarti kepastian dalam ketidak pastian, kemungkinan di dalam ketidak mungkinan. Oleh iman kita melihat apa yang tidak kelihatan dan menjangkau apa yang tidak dapat kita jangkau. Rumusan-rumusan itu nyata dalam pengalaman bapak-bapak leluhur orang percaya sebagaimana kesaksian Alkitab.

Iman merupakan suatu kepastian dibuktikan dengan pengalaman tokoh-tokoh Alkitab: Nuh saat menerima perintah membangun bahtera. Bagi Nuh tidak tahu bagaimana akan dahsyatnya air bah namun karena percaya dia menuruti perintah Allah membangun bahtera. Abraham menjadi bangsa yang besar. Keluar dari kamoung halamannya ke negeri yangbdia belum tahu. Iman adalah suatu kepastian, pasti karena Allah sendiri yang menjanjikannya. Ba

Iman memungkinkan orang percaya memahami apa yang tidak dipahami. Ini didasarkan pada kalimat: sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil. Tanpa mengabaikan teori-teori sains, iman membimbing orang percaya memahami apa yang di luar perkiraan manusia. Memang betul, sains telah membantu manusia memahami apa yang terjadi di jagad raya ini namun harus diakui bahwa tak semuanya misteri di alam semesta ini dapat diungkapkan oleh sains.  Sains membangun pikiran logis, menolong manusia menemukan rahasia kebenaran. Namun iman semakin membawa orang percaya memahami dan mengerti rahasia jagad raya ini di dalam terang firman Allah.  Dalam bnyak hal tiada yang mustak dari segi pengetahuan namun terbuknya nyata dlam pengalaman orangboercaya: bagaimana Daud mengalahkan Goliat, bagaimana Sarai yang sudah mandul memiliki anak? Bagaimana Hana ibu Samuel mendaoatkan Anak, Maria ibu Yesus mengandung dari Roh Kudus. Dalam banyak hal kemustahilan dalam pikiran manusia namun bagi Tuhan tidak ada yang mustahil. Inilah yang harus dimiliki oleh orang percaya. Semuanya itu diterima hanya karena iman. 1 Korintus 2:9 (TB)  Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia." 

Iman mengajar kita bahwa segala sesuatu terjadi karena firman. Allah mencipta dari yang tidak ada menjadi ada. Allah berfirman jadilah, maka jadilah demikian (Baca kisah Penciptaan dalam Kej 1:1-2:4a). Inilah kemahakuasaan Allah yang tak terjangkau oleh akal.

Sahabat yang baik hati, banyak hal yang tak terpresiksi oleh akal terjadi dalam hidup kita dan kita lihat sendiri. Analisis logis kita juga terbatas untuk memprediksi akan apa yang terjadi esok. Namun oleh iman kita berani melangkah seperti bapak-bapak orang percaya sebagaimana didaftar oleh penulis Ibrani mulai dari Abraham, Ishak, Yakub, Musa, Hakim-hakim dll. Mereka menjalani hidupnya dengan iman dan melihat sendiri apa yang tak mungkin nyata di dalam hidup mereka. Rahasianya ada pada iman.  Maka jalanilah segala sesuatu di dalam iman.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...