Jumat, 26 Juni 2020

MENCIPTAKAN SEHALA SESUATU OLEH FIRMAN

FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN
Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi
Renungan Harian, Sabtu 27 Juni 2020

TUHAN MECIPTAKAN SEGALA SESUATU OLEH FIRMAN

Sahabat yang baik hati! Marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan.

Mazmur 33:6 (TB)  Oleh firman TUHAN langit telah dijadikan, oleh nafas dari mulut-Nya segala tentaranya.

Psalms 33:6 (RWV)  By the word of the LORD were the heavens made; and all the host of them by the breath of his mouth.

Mazmur 33 ini merupakan Mazmur pujian bangsa Israel yang memuji dan memuliakan Tuhan karena karyaNya yang besar.  Tuhan adalah pencipta segala sesuatu, langit bumi dan segala isinya, benda mati, benda hidup, yang terlihat dan yang tidak terlihat, yang terjangkau indera dan kala yang tidak. Selain mencipta, Tuhan adalah pemelihara ciptaanNya dan telah melakukan perbuatan-perbuatan besar kepada umat pilihanNya. Dari uraian Mazmur 33 ini bangsa Israel semakin memuliakan Tuhan dalam hidup mereka.

Khusus ayat 6 ini bangsa Israel menyanyikan dan mengagungkan Tuhan sebagai pencipta. Apa makna yang terdalam jika kita mengagungkan Tuhan pencipta?

Pertama, kita diingatkan bahwa manusia adalah ciptaan Tuhan dan tinggal di tengah-tengah ciptaan lainnya. Maka siapapun kita, harus penuh tanggung jawab melakukan apapun aktifitas kita di dunia ini. Manusia tidak boleh hanya mengambil keuntungan dari hasil bumi tanpa merawatNya.

Kedua, Tuhan berdaulat atas ciptaanNya. Tak ada kuasa apapun yang dapat disembah yang menyerupai apapun di dunia ini: baik di langit, di bumi dan dibawah air. Hanya Tuhanlah yang kita sembah

Ketiga, Kuasa Firman. Firman Tuhan itu kuat dan dapat menjadikan apapun. Dalam narasi Penciptaan Kejadian pasal 1-2 semuanya jadi atau otoritas Firman. Jadilah terang, maka terang jadi. Jadilah cakrawala, jadi! Jadilah benda-benda penantang jadi. Demikian hebatNya kuasa Tuhan menjadikan segala sesuatu.

Kuasa Firman itu nyata bukan hanya dalam konteks cerita penciptaan tetapi saat ini juga kita percaya kuasa Firman itu luar biasa. Firman lebih tajam dari pedang bermata dua, firman itu dapat memindahkan gunung, iman timbul dari pendengaran akan Firman.

Sahabat yang baik hati! Kita harus percaya akan kuasa Firman Allah dalam hidup kita. 2 Timotius 3:16 (TB)  Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...