Senin, 15 Juni 2020

MELAYANI KRISTUS DAN HORMAT KEPADA BAPA

FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN
Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi
Renungan Harian, Selasa 16 Juni 2020

MELAYANI KRISTUS DAN HORMAT KEPADA BAPA

Yohanes 12:26 (TB)  Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situ pun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.

John 12:26 (RWV)  If any man serve me, let him follow me; and where I am, there shall also my servant be: if any man serve me, him will my Father honour.

Semasa saya remaja, banyak orang menyebutkan siapa artis dan aktor idolanya. Tidak jarang juga membeli gambar foster dan menempelkannya di dinding rumah, setiap ada album baru akan dibeli dan jika ada film yang dimainkan aktris/aktor favoritnya pasti ditonton. Tidak jarang anak muda bergaya rambut, cara pakaian dan gaya bicaranya ditiru agar mirip dengan idola mereka. Itulah jaman old tapi jarak artis dan fans sangat jauh. Tentu zaman now sudah berbeda bukan? Setiap fans sangat dekat dengan artis idolanya melalui sosial media. Siapa saja bisa menjadi populer sesaat dengan berita viral. Setiap orang bisa menjadi follower artis atau pegiat medsos dengan mensubscribe YouTuber yang lagi viral dll. Tidap detik setiap top fans bisa melihat aktifitas mereka, like atau comment status  mereka di berbagai medsos. Pertanyaan mendasar, mengapa seseorang menjadi follower, friend atau mensubsribe akun seseorang, tentu ada tujuannya setidknya mereka mengidolakannya.

Yesus di zamannya sudah sangat populer karena pelayanan, pengajaran dan mujizat yang dilakukan. Selain terkenal di kalangan Yahudi yang berada di Palestina, Yesus juga dikenal orang Yahudi diaspora (perantauan)  dan di kalangan Yunani. Dalam Yohanes 12:20-21 ada orang Yunani ingin menjumpai Yesus. Mereka menghubungi Filipus dan memohon membawa mereka berjumpa dengan Yesus. Yohanes 12:21 (TB)  Orang-orang itu pergi kepada Filipus, yang berasal dari Betsaida di Galilea, lalu berkata kepadanya: "Tuan, kami ingin bertemu dengan Yesus."

Orang Yunani yang ingin berjumpa dengan Yesus Ibarat fans fanatik ingin berjumpa dengan idolanya. Filipus pun mengajak Andreas untuk memberitahukan permintaan orang Yunani itu kepada Yesus. Andreas adalah murid yang dituakan dan sebagaimana kita tahu, Andreas adalah murid pertama setelah Yohanes dan Simon Petrus (baca Yoh 1:40). Filipus dan Adreas memberitahukan maksud orang Yunani itu.

Apa respon Yesus terhadap permintaan orang Yunani tersebut? Yesus tidak menjawab ya atau tidak, tetapi Yesus memberikan penjelasan kepada  Filipus dan Andreas tentang pemberitahuan penderitaan dan kematian Tuhan Yesus (baca Yoh 12:23-26). Yesus akan dimuliakan melalui kematian yang dijalaniNya, dengan kiasan seperti biji gandum, dia akan ditanam kemudian akan tumbuh untuk menghasilkan gandum. Berikutnya Yesus memberitahukan syarat menjadi murid, harus melayani Yesus dengan setia dan rela menderita. Orang yang mencintai nyawanya tidak layak menjadi murid. Barang siapa yang melayani Yesus menghormati Bapa.

Dari jawaban ini, sesungguhnya Yesus mau mengajarkan, barang siapa yang mau mengikut Yesus bukanlah seperti hubungan fans fanatik dengan artis idolanya. Kerinduan berjumpa dengan Yesus harus merupakan buah penghayatan yang benar akan missi Allah yang diemban Yesus yakni hidup yang kekal. Karena itu barang siapa yang ingin berjumpa dan mengikut Yesus harus setia melayani Yesus, bersedia menjadi murid dan menanggung segala konsekwensinya serta memuliakan Allah. Yesua tak ingin orang mengikutiNya karena Yesua populer, tetapi kerelaan menjadi seorang murid.

Sahabat yang baik hati! Renungan hari ini mengingatkan kita kembali akan makna pemuridan kita masing-masing? Apakah kita seperri orang Yunani tersebut ingin berjumpa karena heran dengan ketenaran Yesus, jika demikian urungkankah niatnya menjadi pengikutNya. Melalui renungan di pagi ini Yesus menghendaki dari kita anak-anakNya agar mempersembahakan hidup kita benar-benar seorang murid yang sungguh-sungguh mau melayani Yesus setia dan rela menanggung segala resiko apapun demi kemuliaan Allah.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...