Kamis, 04 Juni 2020

DIPIMPIN OLEH ROH

FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN
kekuatan, Inspirasi dan Motivas
Renungan Harian, Jumat 5 Juni 2020

DIPIMPIN OLEH ROH

Selamat pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan dari:

Galatia 5:25 (TB)  Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,

Galatians 5:25 (RWV)  If we live in the Spirit, let us also walk in the Spirit.

Zaman ini banyak menggunakan alat tehnology otomatis mulai dari alat sederhana di rumah hingga alat berat bahkan sampai kepada hal rumit seperti menerbangkan pesawat secara auto pilot. Suatu tehnologi diciptakan yang membantu manusia dalam berbagai bidang. Bagaimana itu bisa beroperasi? Tentunya ada mekanik yang dirancang untuk menggerakkannya, dan setiap peralatan itu dipastikan beroperasi tanpa gangguan. Jadi yang bekerja bukan hanya alat-alat yang tampak tetapi mekanik yang disusun sedemikian rupa dan bekerja menurut fungsi maaing-masing.  Kita bersyukur dapat menikmati hasil karya tehnology tersebut. Tentu kita tidak dapat menjelaskan itu semua apalagi kita ahli di bidang tehnik kita hanya user.  Dalam peralatan dimaksud ada mekanik yang bekerja dalam system otomatis tersebut menggerakkan sehingga alat-alat tersebut bergerak sesuai dengan fungsinya.

Apa hubungannya dengan renungan ini? Kita mau meminjam mekanik dalam system automatic dalam tehnologi ini untuk menjelaskan peran Roh Kudus di dalam dari manusia. Mungkin hal ini bisa diperdebatkan namun contoh ini daoat membantu kita menjelaskan peran Roh Kudus dalam diri manusia.

Alkitab mengatakan bahwa Roh Kudus yang diam di dalam diri manusia bekerja menggerakkan manusia hidup menurut kehendak Allah.  Menurut Paulus Roh Kudus telah diam dalam diri orang percaya. Disebutkan dalam 1 Korintus 3:16 (TB)  "Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?"
Istilah "diam di dalam kamu" menjelaskan bahwa Roh Kudus itu bukanlah pribadi yang berada di luar manusia tetapi ada dan berdiam di dalam diri manusia itu dan menggerakkan hati, bathin dan pikiran manusia.  Ibarat alat mekanik yang menggerakkan mesin otomatis  maka demikianlah peran Roh Kudus menggerakkan dan memimpin manusia agar dapat melawan keinginan daging yang membawa kepada kebinasaan.  Roh membantu manusia melakukan kehendak Allah dan produktif menghasilkan buah-buah Roh. Roma 8:14 (TB)  Semua orang, yang dipimpin Roh Allah adalah anak Allah.
Roh Kudus telah diam di dalam diri orang percaya akan menggerakkan  dan memimpin kita tentang apa yang seharusnya dilakukan oleh orang percaya dalam hidupnya.

Paulus menyadari di dalam diri manusia ada dua kekuatan yang saling mempengaruhi yaitu keinginan daging dan keinginan roh. Peran Roh Kudus yang telah tinggal dan berdiam di dalam diri manusia akan berperan pada manusia.  Roh Kudus bekerja untuk memimpin dan memandu hidup orang percaya melawan keinginan daging, menguasai diri dalam segala keadaan dan tetap berjalan dalam kehendak Allah. Ibarat dalam suatu system otomatis dalam mekanik maka Roh Kudus yang bekerja di dalam diri.

Penjelasan di atas penting untuk memperhatikan aktifitas sehari-hari. Jika ditanyakan apakah yang mendasari atau yang menggerakkan atas semua yang dikekrjakan sehari-hari? Tentu ada banyak alasan dan pertimbangan, namun mengatasi semua itu pertanyaan terpenting adalah apakah dari yang penting dan berguna itu benar-benar digerakkan oleh Roh Kudus? Hidup yang digerakkan Roh Kudus benar-benar bekerja dan menjadi mekanik penggerak yang baik dari dalam diri manusia melakukan kehendak Allah.

Sahabat yang baik hati! Roh Kudus telah diam di dalam diri kita biarkanlah Roh Kudus menggerakkan hidup kita agar dipimpin melakukan kehendak Allah. Orang yang dipimpin oleh Roh Kudus akan menuntun kita menuju kehidupan.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...