Jumat, 05 Juni 2020

MEMBERITAKAN HIKMAT ALLAH

FIRMAN TUHAN SUMBER HIDUP
Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi
Renungan Harian, Sabtu, 6 Juni 2020

MEMBERITAKAN HIKMAT ALLAH

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan dari

1 Korintus 2:7 (TB)  Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita.

1 Corinthians 2:7 (RWV)  But we speak the wisdom of God in a mystery, even the hidden wisdom, which God ordained before the world to our glory:

Pemberitaan tentang salib menjadi ajaran yang kontroversial di kalangan Korintus. Sebagaimana kita tahu Korintus adalah kota yang sudah banyak dipengaruhi budaya Hellenis dan filasafat Yunani. Orang-orang disana berpikir logis. Mereka sangat sulit menerima ajaran salib sebagai jalan keselamatan. Pemberitaan Paulua disana dianggap sebagai kebodohan. Lahika yang dibangun adalah bagaimana bisa seseorang mau rela mati dan mengorbankan dirinya untuk menyamatkan orang lain. Orang-orang disana lebih tertarik dengan kisah-kisah Heroik seperti dewa-dewa yang mereka yakini dan percayai dalam mitologi Yunani (Dewa Zeus, Dimetrius dll). Bagi mereka seorang savior (penyelamat) atau seorang pahlawan hebat akan dapat mengalahkan musuh dengan hebat kekuatan yang ada padanya.

Tantangan terhadap salib  bukan hanya dari  orang Korintus, tetapi muncul juga dari kalangan Yahudi diaspora. Mereka menganggap bahwa salib sebagai batu sandungan. Hal ini sesuai dengan tuntutan Mahkama Agama Yahudi bahwa Yesus disalibkan karena hukum bertentangan dengan ajaran Yahudi. Padahal tuntutan Mahkamah agama kehadapan Pilatus, Yesus dituntut berhutang nyawa karena  banyak tudihan palsu dan bahkan fitnah. Pilatus menyelidiki dan tidak ada kesalahan appun pada diri Yesus.

Jika orang Yunani di korintus salib dianggap sebagai kebodohan dan kalangan Yahudi menganggap batu sandungan bagi Paukus pandangan itu semua didasarkan dari pandangan duniawi. Mereka tidak mengerri rencan Allah dari maksud Allah sendiri. Itulah sebabnya Paulus menyebutkan dalam 1 Korintus 2:14-15 (TB)  Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani.
Tetapi manusia rohani menilai segala sesuatu, tetapi ia sendiri tidak dinilai oleh orang lain.

Pemberitaan tentang salib adalah kekuatan dan hikmat Allah. Ajaran ini dapat kita terima dari cara pandang rohani.  Salib adalah jawaban atas bagaimana rencana Allah menyelamatkan manusia sejak semula. Manusia berdosa tidak dapat menyelamatkan diri dari perhambaan dosa. Ibaratbseorang hamba, tidak.mungkin bebas dan merdeka dari dirinya sendiri kalau tidak ada orang lain yang menebusnya. Maka Allah membebaskan manusia dari hamba dosa melalui penebusan Kristus di kayu salib.

Itulah rahasia Allah yang luar biasa, yang sulit dimengerti akal namun harus dimengeeti secara rohani. Salib Kristus adalah hikmat Allah untuk membebaskan manusia dari belenggu dosa dan kuk perhambaan.

Sahabat yang baik hati! Dalam banyak hal carabkerja Allah sngat sulit diterima oleh akal, karya-karya Allah dalam hidup kita harus kita maknai secara rohani seperti peristiwa salib yanh dijelaskan oleh Paulus. Dsri renungan ini kita memperoleh pelajaran bahwa apapun kejadian-kejadian yang menimpa hidup ini yang kadang sulit kita terima oleh akal, mari jalani dengan hikmat dan meminta pertolongan Roh Kudus agar kita dibimbing untuk mengerti secara rohani maksud Tuhan dalam setiap peristiwa yang terjadi dalam hidup ini.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...