Kamis, 25 Juni 2020

SEGALA SESUATU ADA DI DALAM DIA

FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN
Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi
Renungan Harian, Jumat 26 Juni 2020

SEGALA SESUATU ADA DI DALAM DIA

Selmat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan.

Kolose 1:17 (TB)  Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia.

Colossians 1:17 (RWV)  And he is before all things, and by him all things consist.

Paulus seorang pemikir yang sangat brillian, sebagai Yahudi dia ahli dalam teologi Yahudi dan sebagai warga Romawi dia bisa mengikuti pemikiran filsafat Yunani yang berkembang dinjaman itu. Kekayaan berpikir demikian membuat Paulus sangat apik menjelaskan keselamatan di dalam Kristus kepada  setiap orang, lugas menjelaskan dan  cerdas memberikan solusi atas setiap persoalan di jemaat.

Khusus Koloses 1:15-23 merupakan satu perikope menjelaskan tentang keutamaan Kristus. Disini Paulus menjelaskan beberapa hal penting mengenai Kristus, yakni

- Kristus adalah gambar Allah yang tidak kelihatan. Kristus adalah Allah yang kekal.sejak semua dan sebelum segala sesuatu ada Dia sudah ada.

- Kristus yang sulung dan lebih utama dari seluruh ciptaan dan tidak ada segala sesuatu tanpa Dia. Kristus bukanlah ciptaan, tetapi pencipta.  Segala ciptaan ada di dalam Dia dan dalam Dia segala sesuatu ada.

- Kristus kepala jemaat: jemaat adalah persekutuan orang kudus. Persekutuan orang kudus terdiri dari bebagai orang-orang yang memiliki berbagai kasih (rupa-rupa karunia). Dari.oengertian ini juga dipakai istilah bahwa gereja adalah tubuh Kristus. Krostus adalah kepala kita adalah anggota tubuh Kristus.

- Di dalam Kristus manusia diperdamaikan degan Allah. Peran Kristus sebagai pendamaian dengan Allah. Kenapa didamaikan, karena manusia telah jatuh ke dalam dosa.

Dari penjelasan-penjelasan ini Paulus mau meneguhkan agar tidak ada lagi keraguan jemaat percaya dan menerima Yesus sebagai Yuruselamat. Dia adalah Allah yang kekal yang merencenakan segala sesuatu sejak semula. Di dalam Kristuslah segala sesuatu dipenuhi. Kolose 1:23 (TB)  Sebab itu kamu harus bertekun dalam iman, tetap teguh dan tidak bergoncang, dan jangan mau digeser dari pengharapan Injil, yang telah kamu dengar dan yang telah dikabarkan di seluruh alam di bawah langit, dan yang aku ini, Paulus, telah menjadi pelayannya.

Meneguhkan jemaat di dalam iman sangat penting karen masih ada rupa-rupa ajaran yang mau menggoncangkan iman jemaat. Apalagi mitologi-mitologi Yunani kuno di jamannya. Mereka percaya setiap planet ada penguasanya dan memiliki kekuatan-kekuatan. Mereka maaih oercaya adapa penghuni atau penghulu-penghulu di setiap unsur-unsur alam ini.

Dengan penjelasan keutamaan Kristus, Paulus menjelaskan bahwa tak ada satupun elemen-elemen dunia ini yang tidak diciptakan oleh Kristus dan tidak ada satuoun yang tidak dalam kekuasaan Kristus. Kristus memenuhi segalanya, Kristus memenuhi segala alam. Semua ciptaan tunduk di dalam kuasa Kristus. Di dalam Kristus segala sesuatu ada dan tidak ada sehala sesuatu tanpa Dia.

Jika di dalam Kristus segala sesuatu ada dan ditentukan olehNya maka harus teguh percaya dan berdiri kokoh di atas landasan iman kepada Yesus Kristus. Sekalipun banyak ajaran-ajaran yang mempesona dan meyakinkan tidak dapat mengalihkan iman percaya kita kepada Yesus Kristus.

Sahabat yang baik hati! Dalam banyak diakusi di jemaat bahwa pemahaman akan adanya penghuni-penghuni dan penjaga-penjaga rumah atau bangun tertentu. Keyakinan seperti itu busa menimbulkan ketakutan namun bisa juga menjadi pertanda keraguan akan kuasa Kristus. Orang percaya tidak boleh ditakut-takuti oleh rupa-rupa ajaran yang membuat kita takut atau gentar. Jika ada ketakutan seseorang akan mudah terjebak kepada perdukunan, seolah membutuhkan kekuatan yang ditawarkan oleh dukun-dukun penahluk.  Sebagai orang percaya, keyakinan seperti itu harus kita jauhkan dari pikiran dannkeyakinan orang percaya. Renungan pagi ini mengaskan akan kuasa dan kepenuhan Kristus dalam setiap ruang dan waktu kehidupan ini. Maka dalam segala hal percayalah akan Kristus.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...