Senin, 08 Juni 2020

SEGALA SESUATU DICIPTAKAN OLEH DIA

FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN
kekuatan, Inspirasi dan Motivasi
Renungan Harian, Selasa, 9 Juni 2020

SEGALA SESUATU DICIPTAKAN OLEH DIA

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan.

Kolose 1:16 (TB)  karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.

Colossians 1:16 (RWV)  For by him were all things created, that are in heaven, and that are upon earth, visible and invisible, whether thrones, or dominions, or principalities, or powers: all things were created by him, and for him:

Berkaitan dengan alam ini ada satu syair lagu KJ 064 yang sangat menarik, perhatikanlah syair berikut ini:

Bila kulihat bintang gemerlapan
dan bunyi guruh riuh kudengar,
Ya Tuhanku, tak putus aku heran
melihat ciptaanMu yang besar.
Refrain:
Maka jiwakupun memujiMu:
“Sungguh besar Kau, Allahku!”
Maka jiwakupun memujiMu:
“Sungguh besar Kau, Allahku!”

Lagu ini menggambarkan alam ini memancarkan kemuliaan Allah sehingga dengan melihat alam jiwa kita memuji Tuhan. Jika hanya melihat unsur-unsur alam yang kelihatan kita sudah sedemikian kagumnya, bagaimana pula kalau manusia semakin canghih dapat mengakses  alam ini semakin kita ketahui?

Niel Amstrong astronot pertama yang sampai ke bulan saat menginjakkan kakinya berkata:  "lompatan kecil manusia untuk lompatan besar umat manusia." Dia pun sujud dan tersungkur atas apa yang dicapainya. Penemuan luar angkasa semakin membuat umat manusia semakin takjub dan sungguh masih banyak yang belum diketahui dan dilihat oleh manusia tentang karya ciptaan Tuhan. Kalimat tersebut memacu para ahli untuk menciptakan tehnology menjelajahi antariksa. Sungguh masih banyak mistery yang tidak diketahui manusia akan ciptaan Tuhan baik yang kelihatan maupun yang kelihatan.  Tidak ada satu pun baik yang ada di sorga maupun di bumi yang tidak diciptakan oleh Dia. Semuanya bersumber pada Dia dan semuanya diciptakan untuk kemuliaan Kristus.

Berkaitan dengan kemulian dan kekuasan rasul Paulus mengingatkan kuasa appun di dunia ini bersumber dari Dia dan untuk kemuliaan Kristus. Tidak ada kuasa apapun tanpa diberikan Tuhan kepadaNya. Jika kuasa itu bersumber dari Tuhan maka setiap raja atau penguasa harus menyadari bahwa pada hari penghakiman mereka akan mempertanggungjawabkannya amanat yang diberikan kepadanya. Karena itu kuasa dan jabatan tidk dapat disalahgunakan sebagai alat penindasan atau dasar untuk meninggikan diri.

Pertanyaan adalah apa yang membuat manusia jatuh pada kesombongan dan ingin sama dengan Allah? Kesombongan manusia adalah pengingkaran hakekat dirinya sebagai ciptaan. Di dalam Alkitab kita menemukan banyak kisah-kisah yang menentang kesombongan: Raja Nimrot dengan pembangunan menara Babel, Raja Firaun, Holiat, Nebukadnezar dll.

Sahabat yang baik hati! renungan di pagi ini mengingatkan bahwa segala sesuatu yang ada y, yang kelihatan atau tidak kelihatan, kekuasan, kemuliaan dan puncak pretasi manusia: seluruh kekuasaan kerajaan, singgasana, kemuliaan dan seluruh kejayaan manusia adalah bersumber dari sang pencipta dan semua itu diciptakan adalah untuk Dia. Maka dengan demikian jika ada orang memiliki kuasa, jabatan dan yang ada pada diri kita janganlah sombong, tinggi hati dan melupakan Tuhan. Syukurilah bahwa semuanya itu ada oleh karena Dia. Biarlah dengan seluruh yang ada pada kita; kuasa, harta, hidup kita dan segala sesuatu yang kita lakukan semuanya untuk memuliakan Tuhan.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...